×
You seem to have had an issue loading this page or you have javascript disabled, which may cause problems while using Change.org. To avoid any further inconvenience, please enable javascript in your browser and refresh this page.
  • Petitioned Dahlan Iskan

This petition was delivered to:

Menteri BUMN
Dahlan Iskan
Sekretariat BUMN
Kementerian BUMN
Kementerian BUMN
Humas BUMN
Majalah BUMN Track
BUMN Track

Menteri BUMN: Batalkan Penghargaan BUMN Terbaik untuk PT KAI

    1. Petition by

      daus cak

      jakarta, Indonesia

PT Kereta Api Indonesia (KAI) meraih juara umum (Best of the Best) sekaligus berpredikat sebagai perusahaan milik negara terbaik dalam Anugerah BUMN 2012.Padahal selama ini pelayanan PT KAI sangat buruk terhadap penumpang kereta. 

Berikut daftar buruknya pelayanan PT KAI terhadap penumpangnya.
1. Ratusan penumpang kereta api Prambanan Ekspress mengamuk di Stasiun Srowot, Klaten petang tadi, akibat mereka kesal dengan seringnya terjadi kerusakan pada KA Prameks itu. (sumber; http://www.bisnis-jateng.com/index.php/2011/11/penumpang-prameks-mengamuk/)


2. tanggal 4 Oktober atau empat hari setelah kenaikan tarif KRL Commuter Line, gerbong KRL anjlok di stasiun Cilebut. Masih beruntung tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut. Kecelakaan diduga karena ada rel yang patah sehingga menyebabkan KRL Commuter Line anjlok.


3. Seringnya terjadi gangguan sinyal KRL Jabodetabek, sehingga perjalanan terganggu. Warga yang menggunakan KRL mengalami kerugian waktu.


4. Pada 21 November 2012, jalur kereta antara stasiun Cilebut dan Bojong Gede sepanjang 100 meter longsor. Akibatnya kereta dari Bogor menuju Jakarta, maupun arah sebaliknya tidak bisa melintas. (Sumber:http://jakarta.okezone.com/read/2012/11/21/501/721426/jalur-krl-longsor-di-cilebut-10-rumah-tertimbun)

5. Pada 27 November 2012, Asosiasi Penumpang Kereta Api (Aspeka) melayangkan somasi kepada PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ), karena buruknya layanan Kereta Rel Listrik (KRL).  lihat sumbernya di http://www.gatra.com/hukum/21398-layanan-buruk,-pt-kai-disomasi.html

Penghargaan terhadap BUMN seharusnya juga didasarkan pada kualitas pelayanannya pada masyarakat sebagai pengguna jasanya. Jika kepentingan publik dalam mendapatkan layanan jasa BUMN, dalam hal ini PT KAI, itu tidak dijadikan parameter, selain akan menjadi preseden buruk bagi BUMN lainnya dan juga telah meremehkan keberadaan masyarakat sebagai pengguna jasa dari BUMN tersebut.

Terkait dengan itulah, Kementerian BUMN harus MEMBATALKAN PEMBERIAN PENGHARGAAN 'BUMN TERBAIK' UNTUK PT.KAI

To:
Dahlan Iskan, Menteri BUMN
Kementerian BUMN, Sekretariat BUMN
Humas BUMN, Kementerian BUMN
BUMN Track, Majalah BUMN Track
Batalkan Penghargaan BUMN Terbaik untuk PT KAI

Sincerely,
[Your name]

Recent signatures

    News

    1. Reached 100 signatures

    Supporters

    Reasons for signing

    • galih setiawan INDONESIA
      • 9 months ago

      saya pengguna, tidak ada perubahan dalam hal waktu tempuh dan perbaikan rangkaian kereta..

      REPORT THIS COMMENT:
    • Garda Sembiring JAKARTA, INDONESIA
      • over 1 year ago

      Harga tiket commuter TERLALU MAHAL (dekat-jauh tetep aja mahal. Harga tiket naik terus, layanannya buruk sekali. Bukti: betapa seringnya saya naik commuter dg fasilitas AC yg TIDAK berfungsi, shg terpaksa jendela harus dibuka. betapa kerap saya naik commuter dg penumpang berjubel,shg pintu hrs diganjel (dibiarkan terbuka). Kalau gitu apa bedanya dg kereta ekonomi? Kereta ekonomi malam banyak gerbong mati lampu shg rawan kejahatan. Kartu kok e-commet ditarik tanpa batasan wkt yg jelas? Merepotkan bagi penumpang rutin spt saya. Kalaupun ada hikmah dari keberadaan PT KAI cq. PT. KCJ (Kereta Commuter Jabodetabaek)ini: ia memberikan pembelajaran bebal bagi para konsumennya. Konsumen PT KAI yg baik = konsumen yg bebal, krn sungguhpun sdh tahu layanannya buruk, ia haru dg bebal memakai jasa PT KAI. Petugas2 KAI juga tidak kurang bebalnya, tiap kali di-complain mereka bilang: "Percuma Mas complain sama kami, toh kami lapor ke boss juga gak bakal diladeni".

      REPORT THIS COMMENT:
    • Anselmus Amo JAKARTA PUSAT, INDONESIA
      • over 1 year ago

      Bila tidak ada penumpang yang berdiri di kereta lagi, maka PT. KAI layak mendapatkan penghargaan ini.

      REPORT THIS COMMENT:
      • over 1 year ago

      Apa ukuran BUMN ini terbaik?

      REPORT THIS COMMENT:
    • aditya rachman INDONESIA
      • over 1 year ago

      kebijakan nya banyak yg membingungkan dan terkesan radikal tidak mementingkan konsumen malah di buat bingung dan susah.harga tiket dengan pelayanan yg di berikan tidak seimbang. meskipun patut di apresiasi juga trobosan tiketting online nya...

      REPORT THIS COMMENT:

    Develop your own tools to win.

    Use the Change.org API to develop your own organizing tools. Find out how to get started.