Komisi III DPR, perkuatlah KPK!
  • Petitioned Komisi III DPR RI

This petition was delivered to:

Komisi III DPR RI
Wakil Ketua Komisi III DPR RI
Tjatur Sapto Edia
Wakil Ketua Komisi III DPR RI
Muhammad Nasir Djamil
Anggota Komisi III DPR RI
Eva Sundari
Komisi III DPR RI

Komisi III DPR, perkuatlah KPK!

    1. Rendy "Arai" Ahmad dan SIMPONI
    2. Petition by

      Rendy "Arai" Ahmad dan SIMPONI

      Depok, Indonesia

  1.  
  2.   
October 2012

Victory

Setelah ditolak beberapa bulan lalu, anggaran gedung KPK baru, yang amat sangat dibutuhkan akhirnya disetujui oleh komisi III DPR RI. Sekarang, KPK yang sudah "over-capacity" di gedung lama dapat bekerja lebih efektif lagi setelah ada gedung baru dalam memberantas korupsi di negeri ini. Rendy "Arai" Ahmad memberikan apresiasinya kepada komisi III, karena telah mendengarkan suara masyarakat dan membuat keputusan yang bijak ini. Keberhasilan dapat di liat di: http://bit.ly/P02Cfl Sebagai tindak lanjutnya, Rendy dan SIMPONI akan mengadakan "Roadshow Penyuluhan Anti-Korupsi ke 9 Provinsi, 90 Sekolah, 19 Ribu Pelajar, peringatan 9 Tahun Hari Anti-Korupsi Internasional-9 Des 2012". http://bit.ly/X4bpwf

Teman-teman,

Perjuangan memberantas korupsi terus saja dihambat. DPR tak kunjung menyetujui biaya gedung KPK yang diajukan sejak 2008. Sekarang, muncul RUU KPK yang memangkas wewenang penuntutan KPK. Masa depan lembaga ini seolah dipermainkan politisi yang menolak pemberantasan korupsi.

Apa yang dilemahkan dari KPK? Wewenang penuntutan KPK hilang dalam Revisi Undang-Undang (UU) No. 30/2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk diharmonisasi Badan Legislasi (Baleg) DPR. Wewenang penyadapan KPK dipersulit. Dewan pengawas dibentuk untuk mengontrol efektifitas KPK.

Pasal 6 ayat 3 draf RUU itu hanya menyebut tugas KPK untuk menyelidiki dan menyidik tindak pidana korupsi. Diulangi Pasal 7 ayat a, menyebut kewenangan penuntutan KPK dikurangi hanya sekedar penyelidikan dan penyidikan.

Mengapa gedung KPK tak disetujui? Padahal mereka menyetujui pembangunan Wisma Atlet 200 Milyar, Hambalang 2,5 Triliun, renovasi ruang Banggar DPR RI 10X10 meter senilai Rp 20,3 Milyar dan proyek yang belum jelas manfaatnya. 

Gedung KPK saat ini sudah tua (dibangun sejak 1981), kapasitas gedung saat ini adalah 350 orang, sedang pegawai mencapai 650 orang. Belum lagi, jumlah yang dibutuhkan ke depan sekitar 1200 orang. KPK sangat perlu tempat memadai, demi kelanjutan dan efektifitas pemberantasan korupsi.

Menteri Keuangan telah setuju dan mengalokasikan dana yang dibutuhkan, warga telah turun tangan dan menggalang dana. Gerakan #saweranKPK didukung banyak orang termasuk mantan jaksa agung Abdul Rahman Saleh, Romo Benny Susatyo, Romo Frans Magnis Suseno, Gus Sholah, Ikrar Nusa Bakti, Teten Masduki, Danang Widoyoko,  dll

Hambatan terakhir adalah Komisi III DPR. Hingga kini mereka belum ambil keputusan. Mari kita tunjukkan suara kita, tuntut Komisi III DPR serius mendukung pemberantasan korupsi, batalkan rencana pemangkasan wewenang penuntutan KPK dan cairkan dana untuk gedung KPK!

 

Mari kita bela KPK! Tanda tangani petisi ini, dan sebarkan kepada teman-teman anda yang peduli akan pemberantasan korupsi negri ini.

#saveKPK

 

Sumber Foto: Tribunnews.com 

Recent signatures

    News

    1. Reached 2,500 signatures

    Supporters

    Reasons for signing

    • lanang suputra DENPASAR, INDONESIA
      • over 1 year ago

      saya ingin melihat indonesia menjadi negara yg lebih maju dan sejahtera

      REPORT THIS COMMENT:
    • sentot s. satria KAB. BOGOR, INDONESIA
      • over 1 year ago

      Karena korupsi adalah masalah utama Indonesia

      REPORT THIS COMMENT:
    • aloysius julindra TANGERANG, INDONESIA
      • over 1 year ago

      basmi koruptor sampe mampus

      REPORT THIS COMMENT:
    • Reno windono TANGSEL, INDONESIA
      • over 1 year ago

      KPK masih lebih dapat dipercaya dalam penegakan hukum khususnya penanganan korupsi dibanding penegakan hukum oleh instance yang lain.

      REPORT THIS COMMENT:
    • Helmi Malik Rambe TANGERANG, INDONESIA
      • over 1 year ago

      Saya ingin mendukung KPK!!

      REPORT THIS COMMENT:

    Develop your own tools to win.

    Use the Change.org API to develop your own organizing tools. Find out how to get started.