Penuhi Hak Informasi Warga dalam Proyek Panas Bumi Baturraden
  • Petitioned Gubernur Jawa Tengah

This petition was delivered to:

Gubernur Jawa Tengah

Penuhi Hak Informasi Warga dalam Proyek Panas Bumi Baturraden

    1. Petition by

      Yossy Suparyo

      Cilacap, Indonesia

Penambangan Panas Bumi di Baturraden dilakukan setelah keluarnya Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 1557.K/30/MEM/2010. Pada September 2010 dilakukan pelelangan untuk menyeleksi perusahaan yang berhak mendapatkan Izin Usaha Pertambangan (IUP). Pada pelelangan tersebut, PT. Trinergy keluar sebagai pemenang lelang dengan Surat Keputusan Gubernur Jawa Tengah Nomor 540/15/2011 tanggal 2 Maret 2011. Selanjutnya, PT Trinergy membentuk badan hukum baru yaitu PT. Sejahtera Alam Energy (SAE). Lalu, Izin Usaha Pertambangan (IUP) diberikan kepada PT. Sejahtera Alam Energy dengan Surat Keputusan Gubernur Jawa Tengah Nomor 541.1/27/2011 tanggal 11 April 2011. Berdasarkan IUP tersebut, PT SAE melaksanakan pengembangan panas bumi sejak 12 April 2011.

Dibalik optimisme tentang proyek eksplorasi panas bumi Gunung Slamet ada sejumlah persoalan yang terus menjadi gunung es, seperti kebijakan rencana tata ruang dan wilayah (RTRW), kebijakan tata kelola hutan, dan hak warga untuk memperoleh penjelasan dan informasi yang cukup sebelum proyek dilaksanakan atau biasa disebut sebagai FPIC (free prior informed concern). Sejauh ini belum ada masyarakat yang mendapatkan informasi proyek secara lengkap, baik manfaat dan risikonya.

Seharusnya penenuhan hak mendapat informasi (FPIC) tentang proyek kepada warga FPIC sudah dilakukan jauh-jauh hari. FPIC telah menjadi prasyarat wajib pelaksanaan proyek sebagaimana diatur oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Namun, FPIC bukan sekadar ritual sosialisasi biasa, sebelum masyarakat menyatakan ya atau tidak terhadap proyek yang dibangun di wilayahnya, mereka harus mendapatkan informasi yang berimbang dan mencukupi.

Berdasar laporan PT SAE yang kemas secara triwulanan, kesempatan masyarakat untuk mendapatkan informasi keberadaan proyek pertambangan panas bumi masih sangat minim. Sebagian besar peserta sosialisasi berasal dari perwakilan pemerintah (baik sipil maupun militer), akademisi, dan perusahaan-perusahaan yang terkait. Masyarakat yang tinggal di sekitar area proyek belum mendapatkan ruang yang memadai. Hal itu menunjukkan arah kebijakan PT SAE masih sebatas lobi-lobi di tingkat elit untuk “mengamankan” proyek mereka.

Recent signatures

    News

    1. Reached 50 signatures

    Supporters

    Reasons for signing

    • luthfi yoga SEMARANG, INDONESIA
      • almost 2 years ago

      informasi merupakan kebutuhan pokok setiap orang bagi pengembangan pribadi dan lingkungan sosialnya...

      REPORT THIS COMMENT:
    • edi wahyu widianto SOLO, INDONESIA
      • almost 2 years ago

      menutupi-nutupi informasi adalah indikator adanya kecurangan

      REPORT THIS COMMENT:
    • rita sm BOGOR, INDONESIA
      • almost 2 years ago

      semoga pak budi ragiel dkk bisa mendampingi masyarakat untuk memahami aktivitas ekonomi apa saja yg terjadi. memotret persepsi masyarakat dan menegosiasikan ke tingkat yg lbh tinggi.

      REPORT THIS COMMENT:
    • Martin Gilang PONTIANAK, INDONESIA
      • almost 2 years ago

      Penerapan FPIC adalah harga mati pelaksanaan pembangunan oleh pemerintah

      REPORT THIS COMMENT:
    • Hadim Sugiwaras PURWOKERTO, INDONESIA
      • almost 2 years ago

      karena ktrbukaan informasi akan membaw kpd kesjahteraan yg mrata dn agr desa dn masyrkt lokl tdk sll yg mnjd korban..

      REPORT THIS COMMENT:

    Develop your own tools to win.

    Use the Change.org API to develop your own organizing tools. Find out how to get started.