#SAVEWILIS : Selamatkan Mata Air Kita

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Krisis air bersih segera mengancam wilayah Kabupaten Nganjuk, Bencana kekeringan saat musim kemarau, mengancam lahan pertanian. Wilayah yang rawan mengalami kekeringan berada di utara Kabupaten Nganjuk. Mulai Kecamatan Rejoso, Kecamatan Gondang, Kecamatan Lengkong, dan Kecamatan Ngluyu.

Jika terus di biarkan, maka Krisis Air akan melanda di kawasan Hilir terutama di daerah yang masuk dalam zona lingkar Wilis yakni Tunggal Rogo Mandiri yang meliputi Tulungagung, Trenggalek, Ponorogo, Madiun dan Kediri. 

Upaya konservasi kini sedang di upayakan untuk mencari solusi ketersediaan air dengan cara melakukan penanaman bambu di hulu (gunung Wilis) . Program bernama Bamboo Reforestation Program ini akan melakukan penanaman 10.000 bibit bambu di lereng gunung.

Program ini dilakukan untuk merestorasi sumber Air yang kini sudah mulai kritis. Pemilihan Bambu sebagai tanaman tutupan lahan sangat tepat karena Bamboo merupakan jenis tanaman Rumput Raksasa (Giant Grass). Bambu tidak hanya menyimpan air, namun juga berfungsi sebagai penahan lereng sehingga tidak longsor. Untuk menjaga kualitas Udara, Bambu juga sanggup menyerap CO2 dan sebagai tanaman penyuplai Oksigen

Dukung Petisi kami, sebagai aksi Moral "Selamatkan Mata Air Kita"