Petisi ditutup

TOLAK PERATURAN IKATAN NOTARIS INDONESIA (INI) TIDAK SESUAI UUJN

Petisi ini mencapai 200 pendukung


TOLAK PERATURAN IKATAN NOTARIS INDONESIA (INI) TIDAK SESUAI DENGAN UNDANG UNDANG JABATAN NOTARIS (UUJN)

 

Jalan panjang yang harus ditempuh oleh para lulusan jenjang strata dua Kenotariatan yaitu Magister Kenotariatan (Mkn). Menjadi seorang NOTARIS tidaklah mudah. Terbitnya Peraturan Perkumpulan INI yang mengatur syarat-syarat menjadi Notaris semakin panjang dan memberatkan Mkn yaitu mulai dari seleksi Anggota Luar Biasa (ALB), daftar ALB ke INI, jangka waktu Magang dua tahun dihitung sejak tanggal ALB di INI, Magang Bersama (Maber) empat semester (tidak berjenjang), point point seminar, apa nggak rela Mkn jadi Notaris??

Banyaknya aturan yang sering berubah terkait jadi Notaris  oleh INI, seolah ada pihak-pihak yang yang tidak berwenang ingin menghambat  MKn jadi Notaris. Jelas dalam UUJN syarat jadi Notaris lulus Sarjana Hukum dan lulusan jenjang strata dua Kenotariatan dan Magang 24 bulan di kantor Notaris adalah sejak lulus strata dua Kenotariatan. 

INI menerbitkan Peraturan Perkumpulan yang mengatur syarat Mkn menjadi Notaris jelas telah bertentangan dengan UUJN, karena syarat jadi Notaris telah di atur UUJN, dan Menkumham  yang akan mengatur aturan teknis bukan membuat aturan baru. INI tidak memiliki kewenangan mengatur Mkn/ALB yang belum menjadi Notaris.  

Ini jelas ancaman serius terhadap mandat reformasi, sebab kita hidup bukan di zaman kolonial lagi,  Indonesia telah merdeka, aturan-aturan yang melanggar konstitusi harus dibatalkan dan syarat syarat jadi Notaris harus mengacu kepada UUJN. INI selaku badan hukum perdata, yang menjadi wadah Notaris kewenangannnya hanyalah mengawasi  dan membina prilaku moral Notaris dalam menjalankan tugas dan jabatannya. INI tidak memiliki kewenangan mengatur syarat syarat Notaris. Istilah Anggota Luar biasa tidak diatur dalam UUJN dan Permenkumham, jadi Peraturan Perkumpulan INI tentang ALB, jangka waktu magang di kantor Notaris dan mengumpulkan point-point seminar telah bertentangan dengan UUJN, dan selayaknya dicabut dan kembali ke UUJN, karena  ALB tidak ada di UUJN yang ada adalah Notaris sebagai anggota INI,  maka sudah seharusnya INI meniadakan pungutan biaya kepada Mkn, transparansi keuangan diperlukan dengan melakukan audit  uang Mkn dan uang daftar UKEN yang masuk ke kas INI.

 

Jakarta, 5 Agustus 2018.

Salam,

 

Paguyuban Mkn

                                                                              

 



Hari ini: Paguyuban MKn mengandalkanmu

Paguyuban MKn membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Yasonna Laoly: TOLAK PERATURAN IKATAN NOTARIS INDONESIA (INI) TIDAK SESUAI UUJN". Bergabunglah dengan Paguyuban MKn dan 199 pendukung lainnya hari ini.