PENANGGULANGAN KARHUTLA MELALUI REVISI RTRW

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Penataan Ruang adalah proses perencanaan, pemanfaatan, dan pengendalian pemanfaatan ruang. Tujuan dari Penataan Ruang antara lain menjaga kualitas lingkungan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta mendorong pemerataan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.

Kejadian kebakaran hutan dan lahan(karhutla) di wilayah Kota Pontianak tahun 2018 ini merupakan fenomena yang meresahkan dan menimbulkan kerugian bagi warga Kota. Sayangnya, hingga hari ini (11 Agustus 2018) belum ada 1 pelaku pun yang ditangkap. Para pemilik lahan pun tidak menunjukkan sikap Aksi yang cukup untuk menanggulangi kejadian ini.

Berdasarkan lokasi kejadiannya, kebakaran ini terjadi baik pada Kaw. Lindung maupun pada Kaw. Budidaya. Melihat kondisi ini, Kami mengajukan Petisi untuk merubah Pola Ruang Kawasan Budidaya pada lokasi yang mengalami Karhutla untuk dirubah menjadi Kawasan Lindung dengan pertimbangan sebagai berikut:

1. Kebakaran lahan yang parah menunjukkan bahwa lokasi tersebut merupakan ekosistem gambut dan tebal sehingga tidak layak dimanfaatkan sebagai Kawasan Budidaya.
2. ‎Lahan yang telah terbakar hendaknya memperoleh rehabilitasi untuk menjaga fungsi lahan tersebut terhadap lingkungan dan kawasan sekitarnya, sehingga tidak dapat dimanfaatkan untuk Kawasan Budidaya
3. ‎Merubah fungsi kawasan tidak akan menghilangkan hak atas tanah yang dimiliki masyarakat.
4. ‎Sanksi sosial dan pidana cenderung sulit untuk ditetapkan, sehingga sanksi berupa kebijakan dirasa lebih tepat.
5. ‎Perda RTRW Kota Pontianak telah berusia lebih dari 5 tahun, sehingga dapat direvisi.

Kami membutuhkan dukungan terhadap petisi ini demi kualitas lingkungan yang lebih baik.



Hari ini: KHA Project mengandalkanmu

KHA Project membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Warga Kota Pontianak: PENANGGULANGAN KARHUTLA MELALUI REVISI RTRW". Bergabunglah dengan KHA Project dan 11 pendukung lainnya hari ini.