Petisi ditutup
Mempetisi Walikota Batu

Mencabut SK Nomor 180/550/IMB/422.208/2012 Tentang IMB THE RAYJA RESORT

Sumber Mata Air Umbul Gemulo merupakan salah satu dari beberapa mata air yang masih tersisa di kota batu dan menjadi tumpuan hidup bagi masyarakat disekitarnya dan juga masyarakat pada wilayah yang lebih luas. Air merupakan kebutuhan dasar manusia yang tidak bisa ditawar. Kondisi mata air pada tahun 2005 ditemukan 53 mata air yang telah mati dan 58 mata air lainnya mengalami penurunan debit. Pada tahun 2009, debit mata air terus mengalami penurunan. Saat ini di Kota Batu hanya tersisa 6 mata air yang tergolong baik dengan debit air yang cukup besar, lima diantaranya berada di Kecamatan Bumiaji dan satu di Kecamatan Batu. Salah satunya yaitu Sumber Umbul Gemulo yang berada di Dusun Cangar Desa Bulukerto Kecamatan Bumiaji yang memiliki debit 179 liter/detik.

Namun dalam dua tahun terakhir kedamaian dan keselamatan warga terancam dengan adanya rencana pembangunan The Rayja Resort yang berjarak sekitar 100 meter dari Sumber Umbul Gemulo. Dan terhadap rencana pembangunan hotel The Rayja ini, warga 2 Kecamatan Bumiaji dan Batu, khususnya warga 4 Desa Bulukerto, Bumiaji, Pandan Rejo, Sidomulyo melakukan penolakan dan perlawanan keras. Mereka menuntut agar Walikota mencabut ijin IMB The Rayja Resort.

Petisi ini dikirim ke:
  • Walikota Batu

    WALHI Jawa Timur telah mulai petisi ini dengan satu tanda tangan dan sekarang memiliki 1 pendukung. Mulai petisi hari ini untuk mengubah sesuatu yang kamu pedulikan.




    Hari ini: WALHI Jawa Timur mengandalkanmu

    WALHI Jawa Timur membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Walikota Batu: Mencabut SK Nomor 180/550/IMB/422.208/2012 Tentang IMB THE RAYJA RESORT". Bergabunglah dengan WALHI Jawa Timur dan 0 pendukung lainnya hari ini.