Pemkot Balikpapan, perjuangkanlah Asset Fasum milikmu.

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Kami warga balikpapan - kaltim tepatnya di Jl.MT.Haryono RT 037, dekat Citra City, mengeluhkan tidak berjalannya perintah eksekusi putusan MA no. 88PK/TUN/2007.

Dimana hal ini berawal dari klaim 'JT' atas tanah seluas 50.000m2 yang telah di beli Pemkot Balikpapan pada tahun 1986 untuk keperluan korban kebakaran Pasar Baru & sempadan jalan (35m dari as jalan). Entah bagaimana cerita & prosesnya beliau dapat menerbitkan sertifikat 1129, 1130 & 1184 atas lahan tersebut yang secara sah di miliki Pemkot Balikpapan.

Berulang kali, warga telah mengirimkan surat permintaan eksekusi & tindak lanjut  pada pihak-pihak berwenang atas putisan pengadilan & MA.
Sayangnya, masih belum ada tindak nyata, padahal putusan tersebut mengembalikan status tanah negara yang di klaim 'oknum-oknum' agar di kembalikan sebagai fungsinya : Fasum, Garis Sempadan Bangunan 35 m dari as jalan, tidak boleh mendirikan bangunan diatasnya.
Tidak ada niatan dari warga selaku penggugat untuk menguasai tanah bersertifikat no.1129, 1130 & 1184 a/n JT yang telah di batalkan oleh MA.

Hingga akhirnya pada beberapa tahun lalu, salah satu oknum 'pemilik sertifikat' melakukan pembangunan ruko di atas lahan Fasum tersebut, tepat di depan bangunan warga, sehingga menimbulkan kerugian & mengganggu aktifitas ekonomi. Bahkan oknum ini melakukan intimidasi dengan memagar seng (menghalangi akses) di depan seluruh bangunan warga penggugat.

Motif ekonomi sangat kental atas 'pendudukan' lahan Fasum ini, mengingat letaknya yang strategis. Intimidasi terhadap warga terus di lakukan, dengan harapan warga melepas kepemilikan lahan & bangunan secara murah kepada oknum-oknum pemilik sertifikat. Dikarenakan, akses satu-satunya warga untuk keluar-masuk adalah melalui Fasum tersebut, telah cukuo banyak warga penggugat yang 'menyerah' & merelakan assetnya di miliki oleh 'mereka'.

Dan di saat warga penggugat yang tersisa mencoba melawan kesewenangan-keserakahan, warga di hadapkan pada tuntutan tindak pidana, sebagai lanjutan intimidasi. Saat ini, ada 3 warga yang telah di titipkan di Rutan Balikpapan, karena membantu proses pembongkaran Ruko di atas Fasum, yang di eksekusi satpol pp & di jaga kepolisian pada 1 november 2017 lalu.

Demi keadilan, tegaknya hukum & kehidupan bernegara yang baik, mohon kiranya pihak-pihak terkait dapat segera bertindak, menjalankan putusan MA+pengadilan. Menelaah kembali status sertifikat hak guna bangun yang di miliki oknum-oknum tersebut. Menyelidiki pula pihak-pihak yang bermain & terlibat.

Besar harapan ada ketegasan, kepedulian & tindakan nyata dari pihak Pemkot, DPRD, Badan Pertanahan Negara-Balikpapan dalam menindak lanjuti kepedulian & aksi warga yang telah berjuang selama hampir 20 tahun dalam mengembalikan asset negara yang telah di selewengkansalah gunakan.

Saya yakin, warga balikpapan sangat mahfum & paham dengan sengketa-sengketa pertahanan di balikpapan. Akankah sengketa terus terjadi, tanpa adanya ketegasan & penindakan? Akankah berbagai pihak melakukan pembiaran atas konflik  tersebut? 

Terima kasih atas perhatian, kepedulian, bantuan & keadilan yang di berikan, demi tegaknya hukum dan tata negara yang baik.

Salam,

Michael



Hari ini: Michael mengandalkanmu

Michael Chandra membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Walikota balikpapan: Pemkot Balikpapan, perjuangkanlah Asset Fasum milikmu.". Bergabunglah dengan Michael dan 90 pendukung lainnya hari ini.