Hentikan peraturan publikasi jurnal terindeks bagi mahasiswa angkatan 2014-2016 Pasca UNY

0 telah menandatangani. Mari kita ke 1.000.


Peraturan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta No. 18 Tahun 2017 tanggal 1 Agustus 2017 tentang pedoman penulisan Tesis dan Disertasi, terutama ihwal publikasi bagi mahasiswa Pascsarjana angkatan 2014, 2015, dan 2016 harus dikaji ulang. Peraturan baru ini tidak mempertimbangkan keterselesaian tugas akhir bagi mahasiswa angkatan 2014 (yang hanya memiliki limit waktu dalam hitungan bulan), serta angkatan 2015 dan 2016 yang hampir menyelesaikan tugas akhirnya. 

Beberapa dampak dari peraturan tersebut adalah: 1) keterlambatan penyelesaian studi karena harus menunggu hasil dari review jurnal nasional/internasional terakreditasi, 2) keterlambatan penyelesaian studi karena harus menunggu adanya seminar internasional terindeks scopus, 3) beban biaya yang mahal untuk mengikuti seminar internasional, terutama sebagai presenter, 4) terganggunya sisi kesehatan lahir dan batin para mahasiswa semester akhir, 5) kekecewaan pihak keluarga dan orang-orang terdekat para mahasiswa, 6) ketidakpuasan mahasiswa terhadap institusi, 7) menambah daftar mahasiswa DO, dan 8) munculnya kecurangan-kecurangan dalam ranah akademik, seperti pemalsuan jurnal.

Peraturan tersebut disahkan dan dikeluarkan secara sepihak tanpa ada audiensi dengan mahasiswa sebelumnya. Dalam hal ini, mahasiswa seharusnya dilibatkan menjadi bagian yang aktif dalam keputusan tersebut. Namun, peraturan baru tersebut diberlakukan kepada seluruh mahasiswa Pascasarjana tanpa memandang angkatan atau tahun akademiknya. Hal ini jelas tidak sesuai dengan prinsip keadilan dan humanisme. Peraturan tersebut akan efektif diberlakukan jika diumumkan di awal masa studi mahasiswa, bukan di akhir masa belajar mereka. Selain itu, menerbitkan jurnal terindeks atau mengikuti seminar nasioanal/ internasional terindeks scopus bukanlah perkara mudah. Selain membutuhkan waktu dan prosedur yang panjang, biaya yang dikeluarkan tidak sedikit. Kenyataanya, banyak mahasiswa yang merasa sangat terbebani dengan besaran biaya yang harus dikeluarkan. 

Kami berharap, para pemangku kebijakan, dalam hal ini Rektor UNY, Wakil Rektor I UNY, Direktur Pascasarjana UNY, Asisten Direktur I Pascasarjana UNY dapat mengkaji kembali peraturan tersebut. Jangan sampai nama besar dan prestasi gemilang UNY tercapai dikarenakan banyaknya mahasiswa yang menjadi korban kebijakan. Tuntun kami menjadi insan bertaqwa, cendikia, dan mandiri dengan kualitas dan kebijakan kampus yang humanis dan berkeadilan.

"Kita ini insan, bukan seekor sapi." -fourtwnty 'Zona Nyaman'



Hari ini: Umar mengandalkanmu

Umar Kusuma Hadi membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Wakil Rektor 1 UNY : Hentikan peraturan publikasi jurnal terindeks bagi mahasiswa angkatan 2014-16 pasca UNY". Bergabunglah dengan Umar dan 503 pendukung lainnya hari ini.