Desak Pihak Universitas Mercu Buana Memberikan Kompensasi Biaya Kuliah di Masa Pandemi

0 telah menandatangani. Mari kita ke 15.000.


"Mari pandang jauh ke depan
Menyambut hari bahagia
Masa depan telah menantimu
Ayo bersatu menuju cita
Mercu Buana Universitas tercinta"

Itulah sepenggal lirik dari Mars Universitas Mercu Buana yang dengan bangga selalu kami nyanyikan.
Dengan harapan ditempat inilah kami akan menempa diri menjadi manusia berguna dan membanggakan untuk pribadi, keluarga, negara serta almameter.

Namun yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimana kami bisa memandang jauh ke depan?
Bagaimana kami dapat dengan bahagia menyambut masa depan yang telah menanti, jika hari esok saja masih menimbulkan keraguan untuk bisa melanjutkan pendidikan di Universitas Mercu Buana tercinta dikarenakan beban bayaran yang menanti di semester yang akan datang.

Surat Pengunguman yang dikeluarkan oleh birokrat UMB dengan nomor : 04.1/230/B-Peng/IV/2020 memang tidak terlalu dirasa dampaknya sekarang, dengan menangguhkan 50% biaya yang harus dibayar pada semester ini dan dilunaskan pada semester depan. Namun kami sadar, kebijakan ini dirasa belum bisa menjadi solusi untuk kawan-kawan kami dan justru menimbulkan beban yang cukup besar dikemudian hari.

Kepala ekonom dari International Monetary Fund (IMF) memperkirakan perekonomian global akan minus 3% dan kondisi tersebut adalah yang terburuk semenjak krisis finansial global pada tahun 2008-2009. Dan berbagai analisa dan perkiraan lainnya tentang menurunnya perekonomian telah banyak beredar.

Yang harus kita sadari adalah ketika pandemi ini selesai pun butuh waktu agar pertumbuhan ekonomi yang mengalami ketidakstabilan ini agar dapat pulih kembali. Dan kami sangat mengapresiasi keputusan Universitas Mercu Buana dalam mengambil langkah untuk menerapkan sistem penangguhan pembayaran biaya kuliah yang mungkin dirasa dapat mengurangi beban mahasiswa di masa pandemi ini, dan juga sistem Perkuliahan Online yang dilaksanakan untuk menjaga keselamatan seluruh civitas akademika Universitas Mercu Buana.

Selanjutnya, kami juga sangat amat mengapresiasi kepedulian Universitas Mercu Buana untuk memberikan bantuan berupa program Apresiasi Bagi Pejuang Masa Depan, namun kami rasa adanya persyaratan dan limitasi justru menghalangi kami semua untuk bisa mendapatkan bantuan secara adil dan merata dari Kampus Universitas Mercu Buana, tempat kami menempa diri.
Namun, pasti selalu ada kekurangan dari segala usaha, yang mana menjadi nafas utama kami untuk menyampaikan aspirasi ini yang dirasa bisa membantu mengoptimalkan sistem yang sedang berjalan dengan lebih baik.

Atas dasar itu kami sangat mengharapkan Universitas Mercu Buana dapat dengan ikhlas memberikan bantuan yang bisa secara merata dirasakan oleh seluruh mahasiswa dan sehubungan dengan telah dilaksanakannya sistem perkuliahan berbasis daring, maka kami Mahasiswa Universitas Mercu Buana meminta dengan sangat tegas kepada pihak Universitas Mercu Buana untuk menindaklanjuti poin-poin di bawah ini:

1. Memberikan kompensasi pemotongan biaya operasional perkuliahan dikarenakan sarana dan prasarana kampus yang tidak digunakan selama pandemi.

2. Optimalisasi Standar Operasional pelaksanaan perkuliahan online:

a) Memberikan arahan kepada setiap tenaga pendidik (dosen) untuk memberikan pengajaran dalam bentuk video conference atau lainnya untuk menunjang bahan atau modul perkuliahan.

b) Memberikan arahan kepada dosen pembimbing untuk melakukan bimbingan secara online dalam bentuk video conference minimal sekali dalam seminggu untuk asistensi mahasiswa Kerja Praktik dan Tugas Akhir.

Kiranya demikianlah isi hati kami yang butuh untuk didengarkan. Kami berharap Bapak Rektor Universitas Mecu Buana beserta pihak kampus dapat mendengarkan dan memberikan kebijakan atas kebijaksanaan.

Bapak Rektor Universitas Mercu Buana yang kami hormati, kami sangat yakin pendidikan kami adalah hal terpenting bagi Bapak dan seluruh jajaran di Universitas Mercu Buana.
Perlu diketahui besar harapan dan keyakinan serta dukungan kami kepada Bapak Rektor Universitas Mercu Buana yang terhormat untuk dapat menjalankan kewajiban Bapak dalam memajukan ilmu pengetahuan melalui pendidikan, penelitian dan memberikan kontribusi yang maksimal kepada seluruh sivitas Akademika Universitas Mercu Buana.

Bagi kawan-kawan mahasiswa, sudah saatnya kita membuka suara.
Menandatangani petisi ini adalah bentuk rasa kepedulian kawan-kawan sekalian terhadap keadilan bagi seluruh Mahasiswa Universitas Mercu Buana.
Kawan, Kita bukan melawan.
Namun kita bersama menuntut Hak kita.
Hak sebagai Mahasiswa, Hak Seorang Anak Bangsa, Hak Seorang Manusia.

#PangkasUangKuliah #UMBPelit #EkonomiSulit #MahasiswaMenggugat