Kemenangan

Potong biaya BPP/SPP minimal 50% selama masa COVID-19 di Kampus Kami

Petisi ini membuat perubahan dengan 227 pendukung!


Wabah Covid-19 atau yang dikenal dengan Virus Corona beberapa minggu ini telah menciptakan situasi yang menakutkan bagi semua orang. Virus ini mewabah secara global tanpa bisa dihentikan, bahkan secara nasional per tanggal 11 April 2020 di Indonesia mencatat jumlah pasien positif virus corona mencapai 3.842 kasus dari jumlah tersebut sebanyak 327 orang meninggal dunia.

Sebagai informasi, Virus Corona (Virus Covid 19) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh coronavirus yang paling baru ditemukan. Virus dan penyakit baru ini tidak diketahui sebelum wabah dimulai di Wuhan, Cina, pada bulan Desember 2019 dan masih berlangsung hingga saat ini. Bahkan pada bulan maret WHO mengumumankan bahwa Virus Corona (Virus Covid 19) ini merupakan pandemi global yang harus diselesaikan bersama-sama karena sudah meluas disetiap negara.

Wabah Covid-19 ini berdampak pada perekonomian nasional tidak hanya disektor pemerintahan dan swasta, dan juga berdampak pada masyarakat kecil yang disebabkan minimnya ruang gerak masyarakat untuk bekerja. Wabah ini dengan cepat meluas akibatnya pemerintah menghimbau kepada masyarakat agar tetap #DirumahAja guna mencegah penyebaran yang lebih luas.

Dilain pihak, kampus Universitas Bosowa juga mengeluarkan surat edaran untuk melakukan perkuliahan secara daring/online melalui surat edaran rektor NOMOR 367/02/UNIBOS/III/2020 tentunya hal ini sangat berbeda dengan proses perkuliahan seperti biasanya. Dengan diberlakukannya kuliah berbasis online pastinya tidak ada fasilitas kampus yang digunakan sehingga mengurangi pengeluaran kampus karena semua dilakukan secara online tetapi dilain sisi, Mahasiswa membutuhkan biaya tambahan seperti pembelian paket data Internet. Hal inilah yang menjadi keluhan beberapa Mahasiswa hingga Orang Tua Mahasiswa

Dengan adanya biaya tambahan ini, Universitas Bosowa mengeluarkan kebijakan dengan memberikan subsidi kuota sebesar Rp.300.000,-/Mahasiswa selama masa Pandemi Covid-19. Mengingat biaya perkuliahan di Universitas Bosowa sangat mahal, Kebijakan ini menjadi kurang tepat karena Universitas Bosowa hanya memberikan subsidi kuota tanpa memberikan potongan BPP/SPP minimal 50%.

Masa pandemi Covid-19 ini, banyak yang berharap ada keringanan yang diberikan Universitas Bosowa terkait dengan pengurangan biaya BPP/SPP karena sebagian Mahasiswa atau Orang Tua Mahasiswa kesulitas dalam mencari nafkah dimasa pandemi ini. Pengurangan biaya BPP/SPP minimal 50% sangat memungkinkan dilakukan karena kebijakan kuliah secara online membuat kampus Universitas Bosowa minim pengeluaran, dan didukung dengan Hak dan Kewajiban Mahasiswa.

Melalui petisi ini, kami meminta pihak Rektorat segera keluarkan kebijakan terkait pemotongan biaya BPP/SPP minimal 50%

Teman-teman dukung terus petisi ini ya

Salam dari kami

Mahasiswa Teknik Universitas Bosowa



Hari ini: Fakultas mengandalkanmu

Fakultas Teknik membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Universitas Bosowa: Potong biaya BPP/SPP minimal 50% selama masa COVID-19 di Kampus Kami". Bergabunglah dengan Fakultas dan 226 pendukung lainnya hari ini.