Tolak realisasi wacana larangan bercadar. Memakai cadar/niqab adalah Hak Asasi Manusia.

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Pada tanggal 30 Oktober 2019, saya melihat sebuah tautan berita di CNN Indonesia yang isinya "Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengatakan berencana melarang pengguna niqab atau cadar untuk masuk ke instansi milik pemerintah. Hal itu ia katakan karena alasan keamanan usai penusukan mantan Menkopolhukam Wiranto.". Yang kemudian 1 hari setelahnya direvisi oleh Bapak Fachrul Razi bahwa pelarangan niqab ini hanyalah rekomendasi beliau saja. 

Saya sebagai warga negara Indonesia dan juga umat Muslim merasa kaget karena bukankah konstitusi negara ini menjamin hak-hak warganya dalam menjalankan keyakinannya?

Tidak sepatutnya seseorang yang menjadi representatif pemerintahan mengeluarkan statement yang menyinggung SARA seperti ini. 

Dasar hukum yang menjamin kebebasan beragama di Indonesia ada pada konstitusi kita, yaitu Pasal 28E ayat (1) Undang-Undang Dasar Tahun 1945 (“UUD 1945”):

“Setiap orang bebas memeluk agama dan beribadat menurut agamanya, memilih pendidikan dan pengajaran, memilih pekerjaan, memilih kewarganegaraan, memilih tempat tinggal di wilayah negara dan meninggalkannya, serta berhak kembali.”

 
Pasal 28E ayat (2)  UUD 1945 juga menyatakan bahwa setiap orang berhak atas kebebasan meyakini kepercayaan. Selain itu dalam Pasal 28I ayat (1) UUD 1945 juga diakui bahwa hak untuk beragama merupakan hak asasi manusia. Selanjutnya Pasal 29 ayat (2) UUD 1945 juga menyatakan bahwa Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduknya untuk memeluk agama.

 

Maka dari itu saya mengajak semua teman-teman untuk menandatangani petisi ini, demi tegaknya Undang Undang dan Hak Asasi Manusia.

Agar kita sadari bersama, bahwa penggunaan atribut keagamaan (terutama dalam upaya seseorang dalam melaksanakan keyakinannya) adalah Hak Asasi setiap manusia, dan telah dijamin di dalam UUD 1945 yg menjadi dasar negara kita.

Menggunakan Niqab/Cadar dalam keseharian adalah Hak Asasi sebagai penganut agama Islam dalam menjalankan ajaran Agama. 

Menggunakan Niqab/Cadar adalah Hak Asasi setiap manusia, Hak Asasi setiap warga negara.

Segala tindakan maupun ucapan yang mendiskreditkan dan menginginkan adanya penghapusan pemakaian Niqab yang merupakan Hak Asasi Manusia adalah sikap yang diskriminatif.

Larangan penggunaan Niqab dalam lingkungan pekerjaan = pelanggaran Hak Asasi Manusia.