Petition update

Corong Oligarki dan Kebrutalan Polisi Hadapi Rakyat Sendiri

Arifsyah M Nasution
Banda Aceh, Indonesia

Oct 15, 2020 — 

Ibu/Bapak dan teman-teman Pejuang Demokrasi Indonesia,

Menyedihkan: Polisi secara menyakinkan menjadi alat kekuasaan rezim oligarki Jokowi!

GAGALNYA TELEGRAM KEKUASAAN!

Entah disengaja atau tidak, 'bocor' dan beredarnya salinan Telegram Kapolri tertanggal 2 Oktober 2020 Nomor: STR/645/X/PAM.3.2./2020 yang ditujukan kepada para Kapolda 'menerangkan' segalanya: Polri telah dibajak menjadi alat kekuasaan semata.

Sekurang-kurangnya ada 3 instruksi pada telegram terkait yang perlu dicerdasi bagaimana Polri secara sah dan menyakinkan telah menjadi corong dan moncong kekuasaan oligarki Jokowi:

Instruksi ke-5, yaitu: "LAKUKAN CYBER PATROL PADA MEDSOS DAN MANAJEMEN MEDIA UTK BANGUN OPINI PUBLIK YG TDK SETUJU DGN AKSI UNRAS DI TENGAH PADEMI COVID-19 TTK".

Instruksi ke-6 berbunyi: "LAKUKAN KONTRA NARASI ISU-ISU YG MENDISKREDITKAN PEMERINTAH TTK".

Instruksi ke-7 adalah: "SECARA TEGAS TDK MEMBERIKAN IZIN KEGIATAN BAIK UNJUK RASA MAUPUN IZIN KERAMAIAN LAINNYA TTK".

Harapan 3 instruksi di atas tentu saja tidak kesampaian alias GAGAL TOTAL.

BAHKAN sejak 5 Oktober 2020 sampai dengan tanggal menjelang 1 tahun Jokowi periode kedua menjabat (20 Oktober 2020), Rakyat Indonesia terus bersuara, bergerak dan berkonsolidasi dalam meluapkan kekecewaan dan perlawanannya. Sejumlah DPRD dan kepala daerah juga telah menyurati Jokowi terkait penyampaian aspirasi masyarakat dan penolakan terhadap Omnibus Law Cipta Kerja (OLCK).

POLISI BRUTAL = POLISI OLIGARKI

Kita juga patut prihatin dan mengutuk tindakan represif dan eksesif yang dipertontonkan oleh anggota polisi akhir-akhir ini dalam upaya meredam aksi-aksi unjuk rasa elemen sipil Rakyat Indonesia dalam mengekspresikan penolakan terhadap OLCK.

Tindakan brutal oknum-oknum anggota polisi terhadap demonstran, jurnalis bahkan relawan paramedis, memperkuat kesan dan citra bahwa Polisi telah menjadi corong oligarki, polisinya oligarki.

Kondisi tersebut juga menunjukkan, lagi-lagi, upaya mereformasi Kepolisian Republik Indonesia (Polri) yang dicita-citakan, terutama di masa pemerintahan rezim Jokowi, terus mengalami kemunduran, terasa terjal, sangat hambar dan didesain secara politik untuk terus gagal.

Saat ini, nyaris sempurna, Polri telah dibajak untuk kepentingan kekuasaan rezim oligarki Jokowi. Dalam setahun terakhir (Juli 2019 s.d. Juni 2020 saja), tercatat 921 kasus tindak kekerasan dan pelanggaran HAM yang dilakukan oleh Polri terhadap rakyat yang menjadi sorotan serius dalam Laporan Kontras. Realita ini sangat menyedihkan dan mengerikan!

HAK WARGA NEGARA BERGERAK LAWAN OLIGARKI

Penyampaian aspirasi, sikap dan pendapat serta penyebaran informasi oleh warga negara merupakan perwujudan dari hak asasi setiap orang yang dilindungi oleh konstitusi Negara Kesatuan Republik Indonesia:

Pasal 28C Ayat (2) UUD 1945: Setiap orang berhak untuk memajukan dirinya dalam memperjuangkan haknya secara kolektif untuk membangun masyarakat, bangsa dan negaranya.

Pasal 28E Ayat (2) UUD 1945: Setiap orang berhak atas kebebasan meyakini kepercayaan, menyatakan pikiran dan sikap, sesuai dengan hati nuraninya.

Pasal 28E Ayat (3) UUD 1945: Setiap orang berhak atas kebebasan berserikat, berkumpul dan mengeluarkan pendapat.

Pasal 28F UUD 1945: Setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia.

Mari terus bersuara dan bergerak menolak 'UU Cilaka' yang disusun dan disahkan secara brutal, 'ugal-ugalan' dan semakin menguntungkan kepentingan serta investasi kelompok elit oligarki.

Selamatkan Demokrasi Indonesia. Terus lancarkan #MosiTidakPercaya!

Saleum Juang!


Keep fighting for people power!

Politicians and rich CEOs shouldn't make all the decisions. Today we ask you to help keep Change.org free and independent. Our job as a public benefit company is to help petitions like this one fight back and get heard. If everyone who saw this chipped in monthly we'd secure Change.org's future today. Help us hold the powerful to account. Can you spare a minute to become a member today?

I'll power Change with $5 monthlyPayment method

Discussion

Please enter a comment.

We were unable to post your comment. Please try again.