Perbaiki Sistem Seller di Manajemen TOKOPEDIA - Keadilan Bagi Seller

0 telah menandatangani. Mari kita ke 200.


Kepada manajemen Tokopedia yang saya hormati,

Saya menulis petisi ini karena dongkol dan rasa jengkel yang amat sangat, sebab masalah yang diungkit di Tokopedia Care "PESAN BANTUAN" tidak mendapatkan tanggapan yang baik.

Saya baru menjadi seller Tokopedia selama sekitar 3 bulan, nama toko saya Jambi Jaya Store, sejak akhir Juni 2020. Toko fisik saya sudah berdiri di Bogor sejak 1987. Kami mencoba melakukan ekspansi ke Tokopedia untuk mengikuti arus perkembangan online, serta didorong oleh adanya pandemi Covid-19. Sekitar sebulan setelah kami menjadi seller, kami mencoba menambahkan promosi Tokopedia, dengan menyuntikkan dana yang tidak murah. Setelah bulan kedua berjalan, bulan ketiga menjadi saat dimana kami mulai bisa memanen hasil usaha kami, karena pesanan mulai datang, bisa dipastikan lebih dari 20 setiap harinya. Kami selalu berusaha untuk memproses segala sesuatu sesuai dengan standar tokopedia. 

Akhirnya hari dimana ketidakadilan ini terjadi, yaitu Sabtu, tanggal 12 september 2020. Paginya, seperti biasa kami memproses pesanan dan mengirimkan pesanan kepada pelanggan, sekitar 50 an pesanan hari itu. Tiba-tiba, sekitar jam 13:30 PM, kami mendapatkan pesan notifikasi bahwa toko kami DIMODERASI PERMANEN. Betapa terkejutnya kami. Ada masalah apa??? Di pesan bantuan hanya disebutkan "Pesan ini merupakan notifikasi otomatis yang dikirim untuk menginformasikan tentang tidak terpenuhinya Syarat dan Ketentuan pada transaksi Anda yaitu mayoritas transaksi di Toko Anda terdeteksi sebagai transaksi manipulasi untuk mendapatkan benefit promo sehingga mohon maaf dengan berat hati, saat ini toko Anda telah dimoderasi atau ditutup secara permanen. Perlu diketahui, Tokopedia berhak memberikan sanksi serta membatalkan benefit promo dan Rewards sesuai Syarat dan Ketentuan Tokopedia poin M (3) tentang Promo (https://www.tokopedia.com/terms.pl#promo". 

Bayangkan, apa maksudnya transaksi manipulasi? Kami tidak pernah memanipulasi, bahkan saya tidak pernah membeli di toko saya sendiri, maupun meminta saudara saya untuk membeli di tokopedia saya! Saya sudah meminta untuk dilakukan mediasi, namun jawabannya selalu "Tokopedia BERHAK untuk memberikan sanksi". Jadi, kami sebagai seller tidak bisa melakukan apa-apa kah untuk mencari solusi?

Bukannya masalah selesai, setelah itu toko kami dibombardir dengan pesan otomatis yang mengatakan bahwa "Promo ongkir dibatalkan karena resi yang digunakan tidak valid". Ada sekitar 30, dan sampai saat ini masih terus berlanjut! Setiap kali promo ongkir dibatalkan, berarti kami harus menanggung ongkir sekitar 20.000 per transaksi, dan kami tidak bisa melakukan apa-apa karena saldo dipegang tokopedia.

Masalahnya, apa yang dimaksud dengan resi TIDAK VALID?? Jelas-jelas kami mengirimkan sesuai dengan ekspedisi yang bekerjasama dengan Tokopedia, yaitu Anteraja dan Sicepat. Semua nomer resi yang tertera di sistem Tokopedia bisa dicek di website Anteraja dan Sicepat. Bahkan resi fisiknya beberapa masih saya pegang. Saya sudah kirimkan semua screenshot bukti bahwa resi tersebut VALID, bisa dilacak, dan bahkan sudah diterima oleh customer, dan ada bukti resi fisiknya. TAPI, jawaban yang saya dapat hanya begini: "transaksi Bapak dengan nomor invoice xxxx telah melanggar syarat dan ketentuan Tokopedia pada poin M nomor 6 (https://www.tokopedia.com/terms.pl yaitu "Tokopedia berhak, tanpa pemberitahuan sebelumnya, melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan termasuk namun tidak terbatas pada menarik subsidi atau cashback, membatalkan benefit Tokopoints, pencabutan Promo, membatalkan transaksi, menahan dana, menurunkan reputasi toko, menutup toko atau akun, serta hal-hal lainnya jika ditemukan adanya manipulasi, penggunaan resi yang tidak valid pada mayoritas transaksi, pelanggaran maupun pemanfaatan Promo untuk keuntungan pribadi Pengguna, maupun indikasi kecurangan atau pelanggaran pelanggaran Syarat dan Ketentuan Tokopedia dan ketentuan hukum yang berlaku di wilayah negara Indonesia.". 

Jadi, maksudnya saya tidak bisa membela diri berdasarkan bukti-bukti yang saya punya? Saya cuma bisa PASRAH kah saldo saya dipotong terus oleh Tokopedia? Bukankah ini namanya PENIPUAN, kalian mengatakan bebas ongkir-bebas ongkir, padahal setelah itu kalian bebankan pada SELLER dengan pesan "resi tidak valid" sampah itu! Saya sudah capek membela diri di Tokopedia care. Selain itu, tokopedia TIDAK PUNYA HOTLINE Customer service sama sekali!! Slow response, tidak layak mendapatkan gelar best customer service!

Tolong segera ubah sistem manajemen kalian! Saya bahkan sudah muak melihat pesan bantuan (yang intinya malah PESAN MASALAH) kalian lagi. Saya cari di internet, ternyata sudah banyak masalah serupa yang terjadi di tokopedia. Pada saat seller sedang banyak pesanan, toko tiba-tiba ditutup tanpa kejelasan, serta pembatalan promo bebas ongkir seenak udel sendiri. 

Tolong petisi ini segera di tanggapi! Saya juga inginnya langsung samperin itu gedung Tokopedia. Hanya saja, masalah PSBB serta ketidakadaan call center membuat saya harus melakukan ini. Tolong tanggapi jika Tokopedia memang ada itikad baik. 

Terimakasih.