Marketplace, Kendalikan Harga Masker dan Hand Sanitizer di Harga yang Wajar!

0 telah menandatangani. Mari kita ke 500.


Kepada para CEO market place di Indonesia,

Terima kasih atas kontribusinya terhadap perekonomian masyarakat Indonesia. Platform anda berperan besar dalam menggerakan ekonomi masyarakat. Namun kami percaya, ada situasi di mana kemanusiaan akan diutamakan diatas keuntungan bisnis. Situasi pandemik COVID-19 menimbulkan kebutuhan yang besar dari masyarakat, utamanya tenaga kesehatan, untuk masker bedah, masker N95 dan hand sanitizer untuk mencegah penularan COVID-19, selain upaya untuk pembatasan sosial (social distancing) dan self-isolation, dan penggunaan masker bagi anggota masyarakat yang sedang sakit. 

Masker bedah saat ini dijual di platform anda dengan harga hampir 10 kali lipat harga normal. Masker N95 dan hand sanitizer dijual 3-4 kali lipat harga normal. Saat ini, banyak penjual yang menjual produknya secara eceran, sehingga harganya tidak tampak terlalu tinggi, tetapi harga yang digunakan tetap berkali-kali lipat harga normal. Trik lain adalah memberikan harga murah namun dengan ongkos kirim yang tinggi. 

Kami minta, anda dapat mengintervensi  lonjakan harga ini dengan memberikan batas yang wajar terhadap harga penjualan masker dan hand sanitizer di platform anda. Mohon pertimbangkan untuk menangguhkan akun yang memanfaatkan situasi ini untuk mengeruk keuntungan di market place anda. 

Dengan semua keterbatasan Indonesia, kita melakukan hal-hal yang menjadi tanggung jawab kita. Kami melakukan peran kami sebagai masyarakat untuk secara bertanggung jawab mencegah penularan lebih banyak, dengan social distancing, self-isolation, mencuci tangan, dan memakai masker saat sakit. Kami berusaha untuk tidak membebani sistem kesehatan lebih lanjut. Kami berharap, semua market place pun dapat melakukan tangggung jawab  dalam mengendalikan harga, untuk tidak membuat situasi semakin buruk.

 

Atin Parihatin, Fauziah Asnely Putri, Elza Elmira

(warga masyarakat)