Sumber air bersih warga terancam, Selamatkan Gunung Semoan!

0 telah menandatangani. Mari kita ke 500.


Kenapa ya, gunung dan sumber daya alam lainnya selalu harus berhadapan dengan ancaman eksploitasi tambang?

Gunung Semoan berdiri tegak dan gagah di selatan rumah saya. Gunung ini gak cuma lambang kebanggaan warga Taliwang, Sumbawa Barat. Kehidupan warga di sekitar sini sangat bergantung pada Gunung Semoan. Gunung ini menyediakan bambu hutan dan sumber air bersih untuk menghidupi warga serta nelayan setempat. 

Tapi, sebentar lagi, mungkin pemandangannya bakal berbeda. Gunung ini rencananya akan dijadikan sebagai lahan tambang oleh PT Sumbawa Barat Mineral. Bupati Sumbawa Barat berikan izin tanpa konsultasi dulu ke masyarakat. Padahal, banyak yang nggak setuju.

Saat ini, perusahaan udah siap-siap untuk menambang di Gunung Semoan. Sudah ada unit dan alat-alat berat yang bakal membabat hutan, dan mengubah kehidupan kami selamanya.

Saya sempat bekerja sebagai seorang teknisi lingkungan, jadi saya paham betul kira-kira akibat yang bisa terjadi. Akan ada perubahan iklim dan arah mata angin kalau gunung ini habis jadi tambang. Pertanian masyarakat juga akan terganggu. Hutan yang dibabat habis bisa sebabkan kekeringan dahsyat yang buruk dampaknya buat sumber air bersih warga.

Selain itu, Gunung Semoan curam dengan kemiringan 47 derajat. Lubang tambang yang ada akan sangat sulit direhabilitasi. Yang ada akan rusak selamanya dan bekas tambang jadi racun untuk masyarakat setempat.

Makanya, saya buat petisi ini. Saya minta Bupati Kabupaten Sumbawa Barat untuk cabut izin tambang PT Sumbawa Barat Mineral karena akan bawa lebih banyak kerusakan terhadap lingkungan dan kehidupan masyarakat daripada manfaatnya.

Bantu kami, ya teman-teman. Dukung petisinya dan sebarkan.

 

Salam,

Hairuddin