STOP Pelecehan Seksual Dunia Pendidikan!

0 telah menandatangani. Mari kita ke 200.


Lagi-lagi dunia pendidikan tercoreng!

Baru-baru ini terjadi lagi kasus pelecehan di Perguruan Tinggi ternama di Jawa Tengah yang dilakukan oleh seorang dosen pembimbing terhadap mahasiswinya, dengan iming-iming bantuan skripsi. Kasus ini bukan kasus baru, bahkan sudah dilaporkan beberapa orang, namun tidak ada tindak lanjut dari pihak universitas. Para petinggi seolah-olah menjadi bisu dan tuli hanya untuk menjaga nama baik universitas, tanpa mengindahkan keresahan para korban pelecehan dosen tersebut.

Selain melecehkan secara fisik (menyentuh, meraba), dosen ini juga tidak senonoh dalam BERKATA-KATA. Dalam kelaspun beliau kerap melontarkan candaan-candaan yang tidak senonoh dan sangat vulgar. Candaan itu bahkan cukup kasar untuk menyinggung martabat seorang perempuan.    

Sayangnya, peristiwa ini tidak hanya terjadi di Universitas 'anonim' tersebut. Nyatanya, banyak Pengajar dari berbagai sekolah maupun universitas masih sering melakukan pelecehan, baik fisik maupun verbal. Seringkali terlontar candaan-candaan dan perumpamaan yang berkonotasi melecehkan dan tidak senonoh di dalam kelas, didengarkan oleh anak-anak didiknya. 

Sekolah adalah tempat terjadinya kegiatan belajar mengajar, di mana generasi muda dididik dan disiapkan untuk menjadi penerus bangsa. Segera basmi pelecehan seksual di dunia pendidikan! SEGERA SAHKAN RUU PKS! 

Pasal 6 (1) RUU PKS
a. memasukkan materi penghapusan kekerasan seksual sebagai bahan ajar
dalam kurikulum, non kurikulum, dan/atau ekstra kurikuler pendidikan usia dini sampai perguruan tinggi;
b. menguatkan pengetahuan dan keterampilan tenaga pendidik
di pendidikan usia dini sampai perguruan tinggi tentang materi penghapusan kekerasan seksual; dan
c. menetapkan kebijakan penghapusan kekerasan seksual dalam lingkungan lembaga pendidikan

Jangan sampai anak-anak perempuan harus duduk di jajaran bangku belakang karena takut dilecehkan guru! Jangan sampai ada lagi korban pelecehan yang harus tutup mulut karena takut dijatuhkan nilainya! Tentukan batasan-batasan yang pantas! sexual harrasment is no joke!

PELECEHAN SEKSUAL DI DUNIA PENDIDIKAN ADALAH MASALAH YANG SANGAT SERIUS! Dan ini benar-benar terjadi di setiap jenjang pendidikan di Indonesia.

#lindungipelajar #againtssexualharrasment 



Hari ini: Chrysta mengandalkanmu

Chrysta Aurellia membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "STOP Pelecehan Seksual Dunia Pendidikan!". Bergabunglah dengan Chrysta dan 150 pendukung lainnya hari ini.