Tolak Usulan Pergantian Pegawai Kantor DPD RI di Daerah

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


kepada, Yth.

Sekretaris Jenderal DPD RI

Kehadiran kantor DPD RI di daerah tak terlepas dari ikhtiar untuk menata dan mengharmoniskan hubungan pusat dan daerah. Dengan kantor dimaksud, pelaksanaan fungsi, tugas dan wewenang DPD RI melalui penyerapan aspirasi masyarakat dan daerah diharapkan bisa berjalan optimal karena pola interaksi antara Anggota DPD dengan stakeholders terkait, terutama pemerintah daerah dan konstituen akan semakin jelas dan tertata.

Selain itu, kantor daerah juga merupakan bagian dari subsystem Sekretariat Jenderal DPD RI yang memiliki tugas utama untuk mendukung semua aktifitas dan kegiatan Anggota DPD RI dalam rangka penyerapan aspirasi masyarakat dan daerah di Daerah Pemilihan masing-masing.

Berangkat dari pentingnya keberadaan kantor DPD RI di daerah, maka mutlak diperlukan suatu struktur organisasi dan tata kerja yang kuat dan berkelanjutan yang didasarkan pada prinsip-prinsip profesionalitas, integritas, loyalitas serta komitmen untuk bekerjasama demi meraih tujuan yang diinginkan.

Untuk itu, maka sudah sepatutnya keberadaan perangkat organisasi dalam hal ini staf kantor daerah DIPERTAHANKAN dan diberdayakan selama masih berpegang pada prinsip-prinsip tersebut tanpa harus mengedepankan intervensi dari pihak lain.

Dengan demikian maka bangunan organisasi akan tetap kokoh dan lebih siap menghadapi setiap tantangan. Begitupun sebaliknya, apabila yang didahulukan adalah prinsip subjektifitas yang berpijak pada asas like and dislike serta intervensi dari berbagai pihak, maka dikhawatirkan sebuah organisasi tidak bisa berjalan optimal.

Tentunya semua itu tidak serta merta dimaknai sebagai bentuk menutup diri dari setiap perubahan yang terjadi.

Berikut pertimbangan asas manfaat atas keberadaan staf kantor di daerah (yg bersifat tetap):

1. Kekompakan terjaga;
2. Lebih memahami tugas;
3. Komunikasi dengan pihak pemda yg selama ini terjalin dg baik ttp terjaga;
4. Keberlanjutan tugas-tugas bisa diselesaikan sesuai jadwal;
5. Terhindar dari konflik kepentingan, sehingga loyalitas dan tanggungjawab terhadap kantor bisa menjadi prioritas;
6. Lebih siap dan mudah beradaptasi dengan Anggota DPD yang baru karena sudah memahami tugas.

Hormat kami,

KOORDINATOR STAF DPD RI SE INDONESIA