Tolak Perombakan Kelas XII

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Kami kelas XII menyatakan ketidaksetujuan  terhadap perombakan kelas XII yang akan dimulai pada hari Senin,  7 Oktober 2019.

Perombakan kelas yang dimaksud adalah mengelompokan siswa berdasarkan prestasi akademik dengan nilai PTS mata pelajaran tertentu sebagai acuan. Hal ini tidak sesuai dengan nilai pancasila sila ke-5 yaitu "Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia" Serta juga tidak sesuai dengan pokok pikiran kedua pada Pembukaan UUD 1945.

Siswa juga merupakan bagian dari rakyat yang harus mendapatkan kesetaraan serta keseimbangan antara hak dan kewajiban. 

Perombakan kelas seperti ini dapat disebut juga sebagai Diskriminasi. Diskriminasi merujuk kepada pelayanan yang tidak adil terhadap individu tertentu, di mana layanan ini dibuat berdasarkan karakteristik yang diwakili oleh individu tersebut.  Jadi terdapat 2 unsur dalam diskriminasi, yg pertama adalah pelayanan tidak adil serta karakteristik individu. Karakteristik didefinisikan sebagai kualitas atau sifat. Contoh dari karakteristik adalah kecerdasan. Prestasi Akademik merupakan  "output" dari kecerdasan seseorang , Jadi Pelayanan yang tidak adil berdasarkan prestasi akademik adalah salah satu bentuk diskriminasi. 

Selain itu kami juga sudah "nyaman" dan memiliki motivasi tertentu saat belajar di kelas kami yang saat ini bersama teman-teman kelas kami saat ini. 

Kami disini hanya menyatakan ketidaksetujuan terhadap perombakan kelas. Keputusan tetap ada di pengurus. Kami akan sangat berterimakasih bila perombakan kelas ini dibatalkan. 

 

Sekian petisi ini kami buat. Atas Perhatiannya kami ucapkan terimakasih.