Petisi Graduasi CC'21

Petisi Graduasi CC'21

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.
Dengan 100 tanda tangan, petisi ini akan lebih mungkin ditampilkan di halaman rekomendasi!
CC'21 memulai petisi ini kepada SMA Kolese Kanisius dan

Pandemi Covid-19 sudah melanda Indonesia dan mempengaruhi hidup kita semua selama lebih dari satu tahun penuh. Tetapi kami, siswa angkatan CC'21, bisa dibilang termasuk orang-orang yang beruntung, yang secara finansial mampu, yang bisa mengikuti sekolah online, yang tidak jatuh dalam kemiskinan dan kelaparan akibat Covid-19.

Acara graduasi angkatan CC'21 direncanakan menghabiskan dana ratusan juta rupiah (mengacu pada perkiraan kasar SPP dan jumlah siswa, lebih kurang 800 juta rupiah), yang didanai oleh orangtua kami sendiri. Di sisi lain, mengacu pada lembaga nonprofit kemanusiaan internasional GiveWell, hanya dibutuhkan uang sekitar USD2300 (35 juta rupiah) untuk menyelamatkan nyawa seorang anak melalui lembaga kemanusiaan.

Selama ini, graduasi SMA Kolese Kanisius selalu menjadi acara yang megah dan prestis. Namun kami, terlebih dalam situasi pandemi yang memunculkan banyak kesulitan terutama dalam bidang finansial ini, hendak menyatakan: kami tidak membutuhkan acara megah atau memorabilia berlebih. Menggunakan dana yang telah diperoleh dari jerih payah orangtua kami untuk menyelamatkan nyawa sesama manusia jauh lebih berharga dan layak. Kami hendak menunjukkan, nilai conscience yang senantiasa digaungkan di Kolese kami ini tidak akan hanya berakhir di kertas, namun juga akan menjadi aksi nyata.

Maka melalui petisi ini, kami hendak mengajukan perubahan alokasi dana graduasi kepada panitia untuk melakukan minimalisasi anggaran acara dan memorabilia (merchandise, dll.) kami dan alih-alih, menggunakan sebagian dari dana terkumpul untuk disumbangkan ke pihak yang lebih membutuhkan. Di sisi lain, ini adalah acara kita bersama dan kami meminta keterlibatan dalam proses penganggaran, untuk memiliki suara dalam menentukan untuk apa dana kami akan digunakan. Untuk dari itu, kami hendak mengajukan dua poin:
(i) didedikasikannya minimal 40% dari total dana terkumpul untuk tujuan sosial melalui lembaga kemanusiaan (didiskusikan lebih lanjut setelah persetujuan perubahan alokasi dana)
(ii) transparansi alokasi dana dan terlibatnya perwakilan siswa dalam proses penganggaran.

Kami berharap bahwa hal ini tidak dilaksanakan hanya untuk CC'21, tetapi dijadikan tradisi ke depannya dalam komunitas Kolese Kanisius. Graduasi seharusnya menandakan realisasi pendidikan karakter yang dijunjung begitu tinggi oleh Kolese yang kami cintai ini, bukan momen unjuk prestis sementara ribuan orang menderita di depan mata kami. Kami yakin, kenangan dapat diciptakan tidak hanya melalui acara yang megah, namun juga melalui senyuman dari sesama manusia yang dapat kami bantu.

Tertanda,
CC'21

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.
Dengan 100 tanda tangan, petisi ini akan lebih mungkin ditampilkan di halaman rekomendasi!