Save Geopark Gunung Sewu

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Peternakan ayam di Geopark Gunung Sewu, Gunungkidul jadi kontroversi. Padahal, kawasan geopark ini amat dijaga demi kelestarian alamnya.

Pembangunan peternakan ayam seluas kurang lebih 20 hektar oleh PT. Widodo Makmur Unggas ini dapat merusak kelestarian alam di kawasan Geopark Gunung Sewu. Pembukaan bukit dan perataan tanah adalah hal yang dilakukan untuk mendirikan peternakan ini. Selain itu limbah peternakan ayam juga akan mengotori lingkungan, sumber air, dan kawasan sekitar.

Perlu adanya penghentian untuk aktivitas semacam ini. Selain dapat merusak alam, tindakan ini juga mengancam eksistensi Geopark Gunung Sewu sebagai Kawasan Global Geopark Network oleh UNESCO. UNESCO berhak mencabut status Gunung Sewu sebagai kawasan karst dunia jika kelestarian alamnya tidak terjaga, hal ini akan membawa banyak kerugian untuk masyarakat sekitar dan Indonesia khususnya dalam sektor pariwisata.

Kawasan Gunung Kidul, Wonogiri, dan Pacitan adalah daerah di kawasan Gunung Sewu yang selalu mengalami kekeringan setiap musim kemarau. Jika alam di kawasan ini terus dirusak, apa yang akan kita wariskan untuk generasi penerus? Menjaga alam Gunung Sewu adalah menjaga kelangsungan hidup penduduk disana hingga lintas generasi mereka.



Hari ini: Sandi mengandalkanmu

Sandi Kurniawan membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Siti Nurbaya Bakar: Save Geopark Gunung Sewu". Bergabunglah dengan Sandi dan 33 pendukung lainnya hari ini.