Gerakan #2019GantiMindset Untuk Indonesia

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Apa Itu Mindset?

 Mindset atau Pola Pikir adalah cara berfikir yang mempengaruhi sikap dan perilaku seseorang.

Lalu,kenapa pada tahun 2019 nanti,kita harus mulai merubah mindset kita?

Pada tahun 2019,akan diadakan Pesta Demokrasi yaitu Pemilu Presiden untuk Indonesia.Siapapun nanti nya yang akan menjadi Presiden Indonesia,maka akan diminta untuk melakukan perubahan bagi Indonesia.

Selama ini,biasanya warga Indonesia meminta para pemimpin untuk melakukan perubahan bagi Indonesia.Sekarang,marilah kita mencoba untuk merubah pola pikir kita yang masih kurang terbuka seiring Pemilu Presiden 2019 nanti.

Kenapa mindset Warga Negara Indonesia masih dikatakan "kurang terbuka" ? 

Karena kebanyakan dari kita,Warga Negara Indonesia masih mudah terpancing dengan isu SARA (Suku,Agama,Ras Antar Golongan),mudah menerima informasi tanpa dicerna lagi,kurang nya toleransi terhadap sesama,mudah terpaku pada stereotip-stereotip yang ada,dan skeptis pada hal yang baru.

Contoh nyatanya adalah :

  • Kurang menghargai profesi seseorang.
  • Rasisme terhadap suatu Suku/Agama/Ras/Golongan.
  • Mudah termakan isu hoax.
  • Tidak mau menghargai/mendengar pendapat orang lain.
  • Berkurang nya sopan santun terhadap sesama.

Padahal,negara kita yaitu Indonesia,terbentuk karena persatuan para leluhur kita yang berasal dari berbagai macam Suku,Agama,Ras dan Golongan yang berbeda-beda.Itulah sumber persatuan kita,yaitu Perbedaan yang ada di Indonesia.

Apa penting nya mindset suatu warga negara dan apa dampak nya?

Negara ibaratnya suatu pohon.Di akar,kita sudah memiliki Pancasila sebagai landasan persatuan dan UUD 1945 sebagai landasan hukum.Di batang pohon,kita memiliki pemerintahan terstruktur yang berbentuk Republik Konstitusional dan berdasarkan sistim Demokrasi.Di dahan yang rindang,ialah kita para Warga Negara Indonesia yang tinggal didasari oleh akar dan batang pohon tersebut.

Perilaku seorang warga negara dapat mencerminkan negara tersebut.Maka dari itu,pola pikir seorang warga negara penting juga bagi negara tesebut.Hal yang kita anggap sepele,bisa berdampak besar pada negara Indonesia di mata dunia.

Mengubah mindset atau pola pikir seseorang tidak dapat dilakukan secara instan.Namun,jika kita memulai nya dari sekarang melalui hal-hal sederhana yang bisa dilakukan sehari-hari.Misal nya :

  • Membiasakan 3 kata ajaib (terimakasih,tolong dan maaf) di pergaulan.
  • Belajar menerima opini atau pendapat orang lain.
  • Bertoleransi satu sama lain.

Maka,mengubah pola pikir masyarakat Indonesia dapat direalisasikan secara perlahan.

Sebagai Warga Negara Indonesia,kita jangan hanya menunggu pemimpin untuk melakukan perubahan.Sebalik nya,kita juga bisa melakukan perubahan di Indonesia melalui hal-hal kecil yang tidak disangka namun berdampak besar untuk kemajuan Indonesia kedepan nya.

Walaupun Kita Berbeda,tetapi Tetap Satu Juga.

Bersatu Kita Teguh,Bercerai Kita Runtuh. Jayalah Indonesiaku.

Mari tunjukan bahwa Warga Negara Indonesia bisa melakukan perubahan simpel yang dapat berdampak pada Indonesia nanti nya ^^ 

Jika kalian setuju dengan Petisi ini,Tanda Tangani dan bantu Share petisi #2019GantiMindset di media sosial kalian ^^

 



Hari ini: Daffak A. mengandalkanmu

Daffak A. Adiibah membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Semua Warga Negara Indonesia: #2019GantiMindset". Bergabunglah dengan Daffak A. dan 40 pendukung lainnya hari ini.