Petisi ditutup

BASMI SKEMA PONZI, BERIKAN EFEK JERA !!!

Petisi ini mencapai 386 pendukung


Kami mengajak semua korban penipuan investasi berskema ponzi dan semua pihak yang prihatin terhadap maraknya penipuan serupa menandatangani petisi ini, agar masyarakat Indonesia, yang sebagian besar tidak mempunyai pengetahuan tentang investasi yang cukup, terhindar dari penipuan investasi berskema ponzi.

Satgas Waspada Investasi menghentikan penghimpunan dana oleh Pandawa Group pada November 2016. Setelah itu Pandawa Group tak mampu lagi membayar keuntungan para investornya. Ini membuktikan bahwa Pandawa Group bukanlah perusahaan yang mempunyai bisnis yang nyata, melainkan hanya menjalakan skema ponzi yang membayar keuntungan investor langsung dari dana yang terhimpun.

Lalu bencana besarpun terjadi. Puluhan ribu orang  terkena dampaknya. Kebanyakan dari mereka adalah orang yang tak paham investasi, yang kehilangan modal, tabungan, sawah, rumah, dana pensiun karena berbagai bentuk bujukan, rayuan, promosi menyesatkan dari Pandawa Group dan Leader-Leadernya.

Proses secara hukum pun telah dilakukan. Sampai Juni 2017, hanya sekitar 30 Pimpinan dan antek-antek Pandawa Group yang telah ditangkap dan hartanya disita. Proses tuntutan perdata pun telah berlangsung dan mempailitkan Koperasi Pandawa Group dan Nuryanto sebagai pendirinya.

 Tapi kami berpendapat tindakan itu jauh dari cukup dari dua sudut pandang:

1.     Harapan korban agar ada penggantian kerugian yang signifikan tidak akan terpenuhi. Pada skema ponzi, total keuntungan bersih sama dengan total kerugian bersih. Sebagian keuntungan bersih tersebut ada pada ratusan leader yang tidak turut diproses secara hukum.

2.     Harapan sebagian korban agar skema penipuan yang sama tidak menimpa orang lain di waktu mendatang juga sulit terpenuhi karena sebagian besar leader-leader Pandawa Group yang turut menyebarkan kebohongan, membantu terlaksananya penipuan, turut menikmati hasil penipuan tidak diproses secara hukum yang pada akhirnya tidak menimbulkan efek jera dan pelajaran bagi orang lain yang berniat turut mengembangkan skema penipuan yang sama.

 Untuk itu kami meminta kepada:

1.     Kapolri Bapak Tito Karnavian untuk memproses secara hukum semua Leader Pandawa Group yang telah turut serta melakukan penipuan dan menikmati hasil penipuan tersebut. Tindakan ini kami yakin dapat meningkatkan jumlah pengembalian dana para korban sekaligus menjadi pelajaran agar masyarakat tidak mudah terlibat melakukan penipuan skema ponzi yang kini marak di Indonesia, dan dengan demikian memperkecil kemungkinan adanya korban seperti kami di masa mendatang.

2.     Presiden RI, Bapak Ir. Joko Widodo agar memberi perhatian yang cukup pada bencana penipuan investasi Pandawa Group dan untuk mendukung pihak Kepolisian agar memproses secara hukum semua pihak yang terlibat dalam penipuan investasi Pandawa Group

3.     Ketua Komisi XI DPR RI Bapak Melchias Marcus Mekeng untuk memprakarsai upaya penguatan kewenangan Otoritas Jasa Keuangan Republik Indoneisa dalam melakukan tindakan sedini mungkin terhadap penipuan investasi berskema ponzi yang kini marak terjadi di Indonesia dan telah menimbulkan kerugian besar bagi rakyat Indonesia yang masih memiliki pengetahuan investasi yang rendah.



Hari ini: Ani mengandalkanmu

Ani Setyawati membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Sementara kita para korban hidup terlilit hutang, para antek Pandawa masih banyak uang untuk membayar dukungan. Kita bisa apa? Kita bisa tandatangani petisi, untuk penjarakan semua antek dan Leader Pandawa.". Bergabunglah dengan Ani dan 385 pendukung lainnya hari ini.