#Tolak Wisuda ONLINE UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

0 telah menandatangani. Mari kita ke 2.500.


#TolakWisudaOnlineUINMalang

#WisudaBukanFormalitas

Assalamu’alaikum Wr.Wb, Salam Ta’dzim kepada seluruh mahasiswa UIN Malang, Terkhusus mahasiswa yang berjuang membanggakan orang tua nya.

Innalillahi Wainna Ilaihi Raajiun, Bencana Pandemi Covid-19 sebagai musibah yang membuat kita semua harus semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT. Teriring doa bagi pejuang kemanusiaan di garis terdepan untuk penanganan Covid-19. Namun, yang perlu ditegaskan adalah, Jangan sampai bencana pandemi covid-19 ini menghambat aktivitas kita semua untuk tetap progres dan solutif menghadapi keadaan ini.

Apa sih Wisuda itu ?

Berdasarkan UU No 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaran Pendidikan tinggi dan pengelolaan perguruan tinggi Pasal 23 tentang Otonomi pengelolaan Perguruan Tinggi Negeri, salah satunya adalah wisuda, hal ini yang membuat mahasiswa berharap bahwa kampus bijaksana dalam melaksanakan proses wisuda meskipun terkendala kondisi pandemic covid-19.

UIN Malang harus konsisten !

Sekirar awal tahun 2020, karena kondisi pandemic maka wisuda periode 2 yang seharusnya dilaksanakan pada bulan April akhirnya ditunda sampai waktu yang belum ditentukan. Sampai pihak UIN Malang mengedarkan survey wisuda online UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang berisi pilihan apakah mahasiswa memilih wisuda online atau offline, dan akhirnya 90% mahasiswa memilih untuk tetap wisuda offline dan menunggu sampai kondisi benar-benar stabil. Hal ini yang kemudian juga dijelaskan oleh rector dan jajarannya Ketika ada mahasiswa yang bertanya, mereka kompak untuk melaksanakan sesuai dengan survey yang dipilih mahasiswa, yaitu wisuda offline.

UIN Malang tidak pernah bisa konsisten !

Sampai hampir 9 bulan mahasiswa menunggu dan berharap agar kondisi stabil, tiba-tiba beredar kabar mengejutkan dan membuat mahasiswa merasa ini bukan kebijakan yang bijaksana.

Tanggal 24 September 2020 Berdasarkan informasi dari https://www.timesindonesia.co.id/read/298311/20200923/215851/uin-maliki-malang-rencanakan-wisuda-online/ bahwa UIN Malang

Diwakili oleh wakil rektor bidang akademik (Prof. H. M. Zainuddin, M.A) berencana akan mengadakan wisuda online, berita tersebut sungguh membuat sedih seluruh calon wisudawan UIN Malang yang kurang lebih hampir 9 bulan menunggu kepastian diadakannya wisuda. 

Menurut wakil rector bidang Kerjasama dan pengembangan Lembaga UIN Malang (Dr. Uril Bahruddin, M.A) wisuda akan dilaksanakan setelah perayaan dies natalis uin malang ke-59. Wisuda online ini langsung dilakukan 2 periode, yaitu kurang lebih 1.600 wisudawan. Jelas hal ini menegaskan bahwa pihak UIN tidak menjaga stabilitas dan kesakralan prosesi wisuda, jika dalam satu hari melakukan wisuda kepada 1000 lebih wisudawan.

Hal lain yang menjadi janggal adalah UIN Malang tetap melaksanakan rentetan acara Dies Natalis dengan rangkaian kegiatan yang dilakukan secara offline pula, hal ini yang menjadi polemik, mengapa dies natalis dilakukan dengan beberapa kegiatan offline, sedangkan pelaksanaan wisuda tidak memiliki plan lain.  

Bagi seluruh mahasiswa, wisuda bukan hanya sebuah seremonial biasa, tapi hal tersebut merupakan bentuk dari pencapaian selama 4 tahun mengenyam bangku perkuliahan.

Mahasiswa juga menyadari, mengapa beberapa hari lalu UIN Malang menambah kuota periode wisuda, yang biasanya hanya 3 sampai maksimal 4 periode, untuk tahun ini ditambah menjadi 5 periode, ternyata UIN Malang melakukan hal tersebut untuk menyingkat waktu dan meringankan beban UIN, dan terkesan lepas tanggung jawab. beberapa fakultas juga tidak jelas sikapnya terkait pelaksanaan yudisium, hal ini yang kemudian meresahkan dan merugikan mahasiswa.

kami (calon wisudawan uin malang 2020) periode 2-5 menyadari, bahwa keadaan pandemi sekarang ini berdampak pada segala pembatasan, seperti pembatasan fisik, dan dilarangnya ada kerumunan. tapi kami yakin bahwa kami bisa melakukan wisuda dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat. berkaca pada universitas muhammadiyah malang, yang telah sukses melakukan wisuda offline pada saat musim pandemi seperti ini. 

Banyak kampus lain yang suskes melaksanakan wisuda offline, terdekat dengan wilayah UIN adalah Universitas Muhammadiyah Malang yang suskes melaksanakan wisuda offline pada pertengahan bulan September 2020, Juga beberapa kampus di luar Malang.  

Melalui petisi ini, kami Mahasiswa UIN Malang menyatakan :

1.      Menolak adanya wisuda online UIN Malang Tahun 2020

2.      Jika wisuda tetap dilaksanakan secara online/daring, maka kami sepakat untuk tidak hadir dalam forum wisuda

3.      Jika UIN tetap bersiker melaksanakan wisuda online, maka uin wajib menyediakan form ketersediaan mahasiswa yang akan di wisuda, jika mahasiswa sepakat maka silahkan, jika mahasiswa tidak ingin wisuda online maka dialihkan pada tahun depan.

4.      Mahasiswa sepakat untuk wisuda tetap Ofline, ketika nanti wisuda offline dilaksakan, kami siap mematuhi protokol kesehatan pencegahan covid-19 atau melakukan cek Kesehatan terlebih dahulu.

Salam dari kami calon wisudawan uin malang PERIODE 2-5 tahun 2020.