Stop "Predator Seksual" di Kampus

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Tirto.id baru-baru ini memposting bagaimana predator seksual didunia kampus marak terjadi. Diantaranya ada 2 kasus yang terbaru yaitu terjadi di Kampus UIN  Malang dan berikutnya di kampus FISIP USU.

Berikut link:

https://tirto.id/dosen-predator-yang-masih-berkeliaran-di-uin-malang-dK4i

https://tirto.id/pelecehan-seksual-di-fisip-usu-disimpan-jadi-rahasia-jurusan-dKTZ?utm_source=Tirtoid&utm_medium=Popular

Kasus-kasus yang terjadi sungguh sangat miris kita membacanya, dunia pendidikan tengah mengalami darurat moral. Bukannya mendidik, banyak oknum dosen di berbagai kampus di Indonesia, mengatasnamakan kedudukan dan kekuasaannya, untuk mengancam dan melemahkan para mahasiswi yang ia jadikan sebagai objek pemuas hasrat. Para mahasiswi tentu merasa tidak nyaman atas tindakan-tindakan seperti kasus di atas, namun banyak diantaranya yang tidak menyadari bahwa mereka sedang dilecehkan secara verbal dan seksual. Adapun yang telah menyadari, sebagian besar merasa tak berdaya dan membiarkan sang predator begitu saja. 

Respon yang diberikan selama ini terhadap terduga oknum dosen pelaku juga sangat lemah dan cenderung ditutup-tutupi karena alasan nama baik kampus.

Tentu sangat menguras emosi melihat kasus-kasus predator seksual di Kampus seperti ini terjadi, sudah saatnya kita merespons para predator seksual terlebih mereka adalah oknum tenaga pengajar.

Kemenristekdikti dan seluruh jajaran civitas kampus harus memberikan respon dan menindak tegas oknum yang melakukan tindakan asusila. Bila perlu tindakan pecat bagi dosen yang berperilaku amoral sebagai predator seksualitas.