Selamatkan Kebebasan Bereskpresi, Tuntut Hak Kebebasan Bereskpresi dan Berpendapat!

Selamatkan Kebebasan Bereskpresi, Tuntut Hak Kebebasan Bereskpresi dan Berpendapat!

0 telah menandatangani. Mari kita ke 25.000.
Dengan 25.000 tanda tangan, petisi ini menjadi salah satu petisi paling banyak di tanda tangani di Change.org!
Ananda Badudu memulai petisi ini kepada Polda Metro Jaya (Polda Metro Jaya) dan

Fatia Maulidiyanti, Haris Azhar, Stella Monica, Saiful Mahdi, Egi, dan Miftah

Mungkin di antara kita ada yang nggak tau siapa mereka, mungkin juga mereka nggak kenal satu sama lainnya. Tapi, mereka punya satu kesamaan, mereka dikriminalisasi karena berekspresi dan berpendapat.

Apa yang menimpa mereka hanya sebagian kecil saja dari kasus-kasus pembatasan dan pembungkaman masyarakat sipil. Perburuan terhadap mural presiden, pembubaran dan penangkapan sewenang-wenang terhadap aksi damai, pembantingan terhadap mahasiswa, penangkapan terhadap peternak, dan  juga penangkapan masyarakat yang membela lingkungan membuat kita berpikir bahwa ini bisa terjadi kepada siapa saja dan di mana saja, termasuk kamu. 

Padahal sebagai negara yang menjunjung tinggi demokrasi, Indonesia seharusnya menjamin kebebasan berekspresi dan berpendapat. Alih-alih memperbaiki situasi, Pejabat publik justru lebih senang menunjukan kuasa lewat somasi yang dilakukan oleh pejabat terhadap warga negara. 

Ditambah, muncul aturan dan instrumen yang seolah melegalkan tindakan pembungkaman ini. 

Maka dari itu, saya membuat petisi untuk meminta kepada;

  1. Presiden Joko Widodo menjamin iklim kebebasan sipil demi mewujudkan negara yang demokratis dengan menertibkan seluruh pejabat publik untuk tidak melakukan langkah-langkah yang berpotensi mematikan HAM dan demokrasi.
  2. Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI merevisi secara serius UU ITE yang terbukti telah menjadi alat untuk membungkam dan menakuti warga dalam berekspresi.
  3. Kapolri menghentikan tindakan represif yang ditujukan kepada masyarakat sipil, lawan politik, dan perbedaan pendapat yang berujung pada pembatasan kebebasan sipil, serta menjamin tiap bentuk kritik yang disampaikan oleh warga negara.

Satu tanda tangan dari kita mungkin tidak terlalu berarti, tetapi jika kita bersama-sama melakukan seruan dan ajakan pada yang lain, kita bisa sama-sama mendesak Negara untuk segera mengambil langkah penting dalam menyelamatkan kebebasan sipil kita.

Salam,

Ananda Badudu

0 telah menandatangani. Mari kita ke 25.000.
Dengan 25.000 tanda tangan, petisi ini menjadi salah satu petisi paling banyak di tanda tangani di Change.org!