Selamatkan Taman Budaya dan Museum Provinsi Sulawesi Tenggara

0 telah menandatangani. Mari kita ke 1.000.


[Kronologis]
#SelamatkanTamanBudayadanMuseum
#Sultra
#Kendari

Peristiwa ini dimulai ketika peralihan kepemimpinan dan beralihnya status taman budaya dan museum menjadi satu payung pengelolaan, tiba-tiba issu penertiban kawasan dengan label pemeliharaan asset dimulai dengan kepala taman budaya dan museum yang baru.

Issu tidak sekedar jadi obrolan internal museum dan taman budaya tetapi nyata dilakukan dengan melayangkan surat kepada RuPa sebagai ruang berbagi informasi dan pengetahuan bagi warga kota kendari dan sekitarnya untuk mengosongkan dan meniadakan segala aktivitas yang selama ini dilakukan.

Kurang lebih 5 tahun terakhir dengan 2 kepala museum, tidak pernah mempersoalkan, malah memberi ruang seluas-luasnya kepada RuPa Dan komunitas lainnya untuk beraktivitas dengab tetap menjaga keamanan dan kebersihan lingkungan dalam kompleks Museum.

Sejak surat dikeluarkan dan diserahkan, kami mencoba berkomunikasi dengan Kepala Dinas pendidikan dan kebudayaan prov. Sultra. Setelahnya kami disarankan untuk jalan saja dengan tetap memperhatikan keamanan museum dan selama digunakan untuk hal-hal terkait pendidikan dan kebudayaan.

Atas dasar ini kami tetap jalan, namun di proses berjalannya tiba tiba secara sepihak listrik diputus alirannya oleh Kepala Museum, sehingga aktivitas di RuPa kembali mati. Sejak itu kami mencoba kembali memulai komunikasi dengan pihak terkait untuk kebutuhan solusinya yang pada akhirnya dari pihak terkait tidak ada respon, dan kamipun memulainya dengan kawan-kawan komunitas untuk bergerak bersama melawan kesewenang-wenangan oknum kepala museum dan taman budaya.

Dan tadi, kami beberapa komunitas dengan nama forum bersama komunitas memulai Gerakan ini. Sekilas kronologisnya, terimakasih pada yang telah mengapresiasinya.

Sebagai bentuk dukungan pada gerakan ini, Sebarkan Hastag pada setiap postingan media sosial.

Forum Bersama
Komunitas Seni, Sastra dan Budaya Sulawesi Tenggara.

Koordinator
Ari Ashari



Hari ini: Fijar mengandalkanmu

Fijar Laode membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Selamatkan Taman Budaya dan Museum Provinsi Sulawesi Tenggara". Bergabunglah dengan Fijar dan 506 pendukung lainnya hari ini.