KERINGANAN SPP SELAMA PANDEMI COVID-19

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Surabaya, 27 April 2020

Perihal: Kebijakan SPP Selama Masa Pandemi Covid-19
Kepada Yth: Yayasan SD Mandala II


Dengan hormat,
Meninjau dari situasi dan kondisi yang terjadi saat ini dikarenakan dampak dari Pandemi Covid-19 yang telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, terutama dari segi ekonomi, kami sebagai orang tua/ wali murid SD Mandala II, Surabaya amat sangat merasakan dampak tersebut. Terlebih lagi dengan adanya kebijakan sekolah yang tertuang dalam surat edaran no 005/017/SDM II/IV/2020 tertanggal 11 April 2020, yang menurut kami tidak terlalu bijak adanya untuk kami sebagai orang tua/ wali murid.
Sebagian dari kami ada yang mendapatkan pendapatan dari pendapatan harian yang tidak menentu, ada pula yang pendapatannya dipotong oleh pemberi kerja kami. Tidak hanya gaji guru, staff dan karyawan SD Mandala saja yang tergantung dari SPP siswa yang notabene sudah tertentu besarannya, pendapatan kami lebih tidak dapat dipastikan.
Kami amat sangat mengerti jika para guru juga tetap meluangkan waktu untuk membuat soal dan mengoreksi soal-soal yang telah dikerjakan oleh para murid, walaupun para guru juga tidak setiap hari datang ke sekolah. Tetapi pihak sekolah sekiranya juga bisa melihat dari sisi kami para orang tua/ wali murid yang juga banyak meluangkan waktu di rumah untuk mengajari anak-anak selama kegiatan belajar di rumah, kami menggantikan pekerjaan guru yang tadinya dilaksanakan di sekolah. Selain itu, pengajaran yang dilakukan juga tidak bisa dilaksanakan secara maksimal, para murid juga tidak menggunakan fasilitas sekolah seperti sebagai mana mestinya, sehingga mengurangi pengeluaran sekolah karena semua dilakukan secara online. Di sisi lain, karena kegiatan belajar yang harus dilakukan melalui komunikasi melalui internet ini, kami sebagai orang tua juga harus mengalokasikan ekstra pengeluaran juga.
Dengan adanya biaya tambahan yang harus kita tanggung juga, kami serempak sepakat bahwa kebijakan yang diambil sekolah ini menjadi kurang tepat karena SD Mandala II sama sekali tidak memberikan subsidi / potongan SPP.
Masa pandemi Covid-19 ini, banyak yang berharap ada keringanan yang diberikan SD Mandala II terkait dengan pengurangan biaya SPP karena kami sebagai orang tua/wali murid juga kesulitan dalam mencari nafkah dimasa pandemi ini. Pengurangan biaya SPP minimal 25% dimulai dari SPP bulan April 2020 sangat memungkinkan dilakukan karena kebijakan kegiatan belajar secara daring membuat sekolah SD Mandala II minim pengeluaran, selain dari pada itu, uang kegiatan selama 1 tahun juga sudah kami bayarkan di depan pada saat pembayaran daftar ulang, dimana para murid selama masa pandemi ini tidak melaksanakan kegiatan di sekolah.
Melalui petisi ini, kami meminta pihak SD Mandala II segera mengeluarkan kebijakan terkait pemotongan biaya SPP minimal 25%
Kami sebagai orang tua setidaknya bisa terbantu dengan adanya keringanan tersebut. Jika pihak sekolah tidak dapat mengabulkan permohonan kami ini, kami tidak dapat menjamin semua dari kami dapat memenuhi tanggung jawab kami untuk membayar uang SPP tepat waktu setiap bulannya. Terima kasih.