Petisi ditutup

Segera Bangun Jalan Alternatif Deliserdang - Karo - Dairi - Pakpak Bharat - Singkil

Petisi ini mencapai 130 pendukung


Jalan penghubung Medan - Berastagi merupakan salah satu jalur tersibuk karena merupakan koneksi utama yang menghubungkan 7 Kabupaten di Sumatera Utara dan beberapa Kabupaten di Provinsi Aceh menuju Kota Medan (Kota terbesar di Pulau Sumatera).

Jutaan masyarakat yang berasal dari Kabupaten Dairi, Pakpak Bharat, Karo, Simalungun, Toba Samosir, Humbang Hasundutan, serta sebagian masyarakat Kabupaten Deliserdang yang seluruhnya berada di Wilayah Provinsi Sumatera Utara sangat tergantung dengan keberadaan jalur ini. Begitu pula keberadaan jalan ini turut berperan vital bagi ratusan ribu masyarakat 3 Kabupaten di Provinsi Aceh yang terdiri dari Kabupaten Aceh Tenggara, Gayo Lues, dan Singkil.

Akses logistik, pariwisata, dan ekonomi dari beberapa Kabupaten di Provinsi Sumatera Utara dan Aceh sebagaimana yang disebutkan sangat tergantung pada satu akses jalur ini. Ketergantungan masyarakat dari beberapa Kabupaten Kota terhadap akses jalur Medan - Berastagi membuat keberadaanya dalam kurun beberapa tahun terakhir sangat rawan terjadi kemacetan arus lalulintas.

Kemacetan telah menjadi momok yang sangat merugikan pengguna jalan Medan - Berastagi, dimana hal ini telah menjadi langganan dan kerap terjadi. Sedikit saja ada gangguan arus lalu lintas seperti mobil mogok, lakalantas, pohon tumbang, hingga longsor akan langsung mengakibatkan jalanan menjadi macet.

Tidak jarang pula kemacetan sepanjang belasan kilometer terjadi di jalur ini. Bila hal demikian terjadi, maka jarak tempuh normal yang hanya butuh waktu 2 jam dapat meningkat hingga memakan waktu 10 jam perjalanan.

Mengingat peran jalur ini cukup penting bagi jutaan masyarakat Sumatera Utara dan Aceh, maka sudah sepantasnya jalan penghubung Medan - Berastagi terbebas dari kemacetan yang akhir-akhir ini kerap menghantui para pengendara. Sebagai solusinya adalah dengan membuka jalur alternatif, sehingga volume pengguna jalur ini dapat terurai.

Salah satu jalur alternatif yang layak untuk segera dibangun adalah jalan penghubung Medan - Kabupaten Deliserdang - Kabupaten Karo - Tongging (Danau Toba). Sebagai gambaran, jalan lintas ini dapat ditempuh melalui Medan - Delitua - Tigajuhar - Durin Tinggung - Liang (Kabupaten Deliserdang) - Serdang - Pertumbuken - Bulanjulu - Bulanjahe - Sinaman - Merek - Tongging (Kabupaten Karo).

Bila jalan tembus ini berhasil, maka tidak hanya bermanfaat untuk mengatasi kemacetan arus lalulintas yang kerap terjadi di jalur Medan - Berastagi. Namun, waktu tempuh dari Kualan Namu - Dairi - Pakpak Bharat akan bisa dipotong 2 jam. Bila biasanya waktu tempuh Kuala Namu ke Sidikalang 5 jam, maka akan bisa dicapai dalam waktu 3 jam. Dan waktu tempuh Kuala Namo - Pakpak Bharat 6 jam akan bisa ditempuh menjadi 4 jam.

Tidak hanya ke Kuala Namo, ke Belawan juga waktu tempuh akan bisa dipotong dan dipercepat. Bila tembus ini berhasil dibangun, maka akan membuat produk-produk pertanian dari Dairi bisa sampai di Jakarta atau dieksport lebih cepat, serta dengan biaya transportasi lebih murah. Rencana jalan ini juga akan mempercepat pembangunan Dairi dan Pakpak Bharat. Begitu pula dengan daerah-daerah lainnya yang secara umum selama ini hanya tergantung dengan jalur akses Medan - Berastagi.

Tidak kalah penting, jalur alternatif ini juga sangat strategis untuk mempersingkat jarak tempuh Medan - Danau Toba. Artinya, keberadaan jalur ini sangat penting dalam rangka turut mendukung Danau Toba sebagai salah satu destinasi wisata utama Indonesia sebagaimana yang dicanangkan oleh Pemerintah Pusat.

Bersamaan dengan ini, kami dari Komunitas Sahabat Arya Sinulingga mempetisi Bupati dari Kabupaten terkait, Gubernur Sumatera Utara, Gubernur Aceh, dan Presiden Republik Indonesia untuk segera duduk secara bersama-sama dalam rangka merumuskan berbagai langkah yang diperlukan, sekaligus segera membangun jalur alternatif Deliserdang - Karo - Dairi - Pakpak Bharat - Singkil yang keberadaanya sudah sangat mendesak.



Hari ini: Sahabat Arya mengandalkanmu

Sahabat Arya Sinulingga membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Sahabat Arya Sinulingga: Segera Bangun Jalan Alternatif Deliserdang - Karo - Dairi - Pakpak Bharat - Singkil". Bergabunglah dengan Sahabat Arya dan 129 pendukung lainnya hari ini.