Akhir Dari Permusuhan Bobotoh Dan Jakmania

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Akhir Dari Permusuhan 

Dunia persepakbolaan Indonesia kembali berduka satu dari supporter PERSIB Bandung menjadi korban oleh oknum kebiadaban supporter. Almarhum Ricko Andrean asal Bandung menghembuskan nafas terakhir saat menjalani perawatan intensif di RS Santo Yusuf Bandung. Kronologis dari beberapa saksi bahwa Saudara kita ini Ricko sesunguhnya sangat mulia Almarhum menyelamatkan seorang anggota Jakmania yang sedang dipukuli oleh beberapa oknum tapi apa daya Ricko pun menjadi sasaran ulah Oknum tersebut sehingga beliau menjadi korban juga.

27 Juli 2017 Awan kelam terlihat dan tampak di kota Bandung saat meninggalnya Almarhum. Kejadian ini bersumber dari satu masalah yaitu Rivalitas antara Viking (Bobotoh) dengan Supporter Ibukota yaitu Jakmania. Permusuhan dan rivalitas ini sudah tercatat dalam sejarah perkembangan persepakbolaan negara kita. Hasil dari rivalitas ini telah menghasilkan korban tewas yang sudah banyak baik korban didalam stadion ataupun diluar stadion. Bukan hanya kerugian nyawa melayang tp kerugian materil lainnya yg diakibatkan oleh rivalitas ini sendiri.

Saya dulu pun ikut menjadi bagian dari rivalitas ini yang saya gelorakan bertahun-tahun lamanya. Hingga pada kemarin saat Almarhum Ricko meninggalkan kita semua saya terketuk hati untuk mengakhiri semua rivalitas fisik karena mau sampai dan berapa korban meninggal lagi kita gelorakan api permusuhan ini.

Beberapa pentolan organisasi Bobotoh telah mengutarakan kata damai. Ketua Jakmania pun turut merespon perdamaian ini. Beberapa unggkapan dan respon dari pentolan Viking perihal akhir dari permusuhan ini.

"Harus damai, sudah keterlaluan, sepakbola itu hiburan, harusnya senang. Sekarang semua harus bisa introspeksi diri, harus membangun atmosfir positif mulai dari diri sendiri,"
Herru Joko.

"Sudahi, jangan sampai terulang, mau sampai kapan? Ibarat senjata makan tuan,"
Yana Umar.

Dan ini sepenggal surat yang dikirimkan ketua umum Jakmania untuk Viking beberapa waktu lalu:

Lewat tulisan pendek ini, saya mengajak Viking untuk membuka dialog. Tidak ada yang tidak mungkin. Segala hal yang negatif pasti bisa kita hentikan. Tidak perlu perantara polisi untuk ketemu. Tidak perlu pejabat turun tangan untuk menyelesaikan. Saya siap bertemu di manapun tempat yang kalian inginkan. Sepak bola adalah cinta. Saya Bung Ferry Indrasjarief Ketua Umum The Jakmania

Mungkin sudah saatnya kita sama-sama mengakhiri rivalitas buta ini dengan rivalitas adu kreatif saja. Rivalitas PERSIB Dan PERSIJA dilapangan mungkin tidak ada akhir tapi kita sebagai supporter menyikapi dengan adu kreatif saja.

 



Hari ini: Rizky mengandalkanmu

Rizky Ashari Pratama membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Rizky Ashari Pratama: Akhir Dari Permusuhan Bobotoh Dan Jakmania". Bergabunglah dengan Rizky dan 9 pendukung lainnya hari ini.