MAHASISWA FIKOM UPI YAI BUTUH KOMPENSASI

0 telah menandatangani. Mari kita ke 1.000.


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh,
Hidup Mahasiswa.

Merebaknya wabah COVID-19 di Indonesia telah berimbas kesegala lini, terutama sektor pendidikan. Himbauan terkait bekerja atau belajar dari rumah, social distancing, dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) berdampak besar terhadap kegiatan perkuliahan, terutama bagi mahasiswa yang kesulitan untuk melunasi pembayaran.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada 17 Maret 2020 menerbitkan Surat Edaran nomor 36962/MPK.A/HK/2020 tentang Pembelajaran secara daring dan bekerja dari rumah dalam rangka pencegahan penyebaran COVID-19. Intinya, proses pembelajaran dilakukan secara daring menggunakan aplikasi yang telah disediakan secara gratis. Ada beberapa masalah terkait dengan pembelajaran daring yang diikuti oleh mahasiswa, baik itu persoalan jaringan internet yang tidak stabil, besarnya kuota internet yang harus disediakan untuk setiap mata kuliah serta kurang efektifnya bimbingan atau pembelajaran yang dilakukan.

Dilema terbesar yang kami hadapi, dengan besarnya biaya kuliah, dan membengkaknya biaya pengeluaran Pulsa/Kuota internet ditengah kondisi ekonomi yang tidak stabil akibat mewabahnya COVID-19. Untuk itu, kami punya permintaan kepada Rektor Universitas UPI YAI untuk membantu mengurangi beban pengeluaran ini, dengan memberikan subsidi Pulsa/Kuota Internet sebesar Rp.200.000,00/ bulan, dihitung sejak dimulainya metode pembelajaran daring/ online ini. Jika pemberian subsidi pulsa ke setiap mahasiswa mengalami kendala sehingga tidak meratanya pembagian subsidi pulsa ke berbagai fakultas atau menyulitkan pihak kampus dalam mendistribusikannya, kami menyarankan agar dilakukan pemotongan biaya BPP pokok sesuai dengan jumlah nominal pulsa sebesar Rp 200.000,00/bulan.Dan bagi mahasiswa yang sudah melunasi pembayaran semester ini dana tersebut bisa dialokasikan ke pembayaran semester selanjutnya sampai dengan masa pandemi corona berakhir. Dimohon untuk Dekanat FIKOM UPI YAI, Rektorat UPI YAI dan Pimpinan Yayasan LPT YAI segera merealisasikan tuntutan kami sebelum Ujian Akhir Semester (UAS).

Salam,
Mahasiswa FIKOM UPI YAI dengan segala kecemasan tidak bisa melanjutkan kuliah.