#CoronaUnsoedKemana: Realokasi UKT Untuk SEMUA MAHASISWA!

0 telah menandatangani. Mari kita ke 1.500.


Rabu, 8 April 2020 Rektorat Unsoed mengeluarkan Surat Keputusan No. 649/UN23/RT.04.04/2020 tentang Pemberian Bantuan Pulsa Pembelajaran Dari Rumah Secara Daring Kepada Mahasiswa Unsoed. Namun, bantuan subsidi kuota internet hanya diberikan kepada Mahasiswa Bidikmisi, UKT Level 1, Beasiswa Transmigrasi, Mahasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi, dan Mahasiswa Pendidikan Menengah Papua. Tanpa bermaksud mendiskreditkan pihak manapun, kebijakan ini justru tidak  selaras dengan Surat Edaran Kemendikbud (Ditjen Dikti) No. 302/E.E2/KR/2020 dan No. 331/E.E2/KM/2020.

Dalam Surat Edaran Kemendikbud (Ditjen Dikti) tersebut tidak menyebutkan hanya Mahasiswa dengan kriteria tertentu yang berhak menerima bantuan penunjang perkuliahan daring atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Sedangkan diberhentikannya seluruh kegiatan perkuliahan tatap muka karena virus Corona menjadi masalah bagi seluruh Mahasiwa.

Seyogyanya di masa seperti ini Rektorat Unsoed bisa melakukan realokasi (alokasi ulang) UKT bagi semua Mahasiswa. Apalagi perkuliahan daring banyak dikeluhkan karena menambah beban baru bagi Mahasiswa. Sepanjang perkuliahan daring Mahasiswa tidak menggunakan dan menikmati fasilitas-fasilitas di kampus, tidak menerima hak atas UKT yang telah dibayarkannya.

Masa darurat Covid-19 seharusnya membuat Rektor menerbitkan kebijakan yang dapat dinikmati oleh seluruh mahasiswa. Kebijakan utuh semacam itulah yang dimintakan oleh Mahasiswa agar UKT dapat mengcover biaya yang ditimbulkan akibat pelaksanaan perkuliahan daring. Bila ingin tegas seharusnya UKT bisa dikembalikan melalui pembebasan atau keringanan untuk semester berikutnya. Nasib Mahasiswa tingkat akhir juga akan ikut terkorbankan jika kebijakan yang diambil hanya setengah-setengah.

24. 887 Mahasiswa Unsoed menanti kebijaksanaan mu, Pak.

Desak Rektorat. Bergerak dengan Petisi!

#CoronaUnsoedKemana

#UnsoedLepasTanggungJawab

#UKTKitaKemana