Kembalikan UKT Mahasiswa Seadil-Adilnya dan Berikan Jaminan Keberlangsungan Kuliah Online

0 telah menandatangani. Mari kita ke 5.000.


"Kebijakan yang berlandaskan pada nilai kemanusiaan dan keadilan merupakan puncak tertinggi dari keberpihakan" -Koalisi Mahasiswa Sayang UNNES

Halo Bapak Rektor beserta jajaran pimpinan lainnya, semoga sehat selalu dan dalam lindungan Tuhan YME.

Begitu sayangnya kami kepada kampus ini, seperti halnya kami menyayangi orang tua serta diri kami sendiri. Sehingga kami memiliki kewajiban juga untuk terus memberikan masukan demi kebaikan kampus yang kami sayangi ini.

Ruang publik dalam beberapa waktu ini dipenuhi oleh keriuhan yang disebabkan dari merebak nya Pandemik Covid19, yang tentu saja menimbulkan banyak dampak karena nya. Tak terkecuali di bidang pendidikan, yang mengharuskan terjadinya perubahan konsep dan mekanisme di dalam dunia pendidikan tinggi termasuk UNNES didalamnya. Salah satu output nya yakni terkait perubahan kuliah dan kegiatan akademik lainnya yang semula dilaksanakan melalui tatap muka (interaksi fisik) menjadi "daring" (online).

Hari ini (06/04/2020) kami mendapatkan Surat Edaran Nomor: B/1738/UN37/TU/2020 Tentang Perpanjangan Layanan Akademik dan Umum Masa Kewaspadaan dan Pencegahan Peyebaran Infeksi Covid 19, yang salah satu isinya menerangkan bahwa kuliah daring diperpanjang hingga 29 Mei 2020, itupun juga bergantung dengan situasi dan kondisi yang belum jelas perkembangan nya hingga hari ini.

Bapak Rektor, baru dibulan Februari lalu kami menunaikan kewajiban kami dengan membayar UKT yang tidak sedikit jumlah nya. Perkuliahan secara daring dan ancaman infeksi covid 19 yang begitu masif akhirnya berdampak pada  tak sedikit dari kami yang memutuskan untuk pulang ke rumah. Karena mendapat anjuran juga dari pihak kampus.

Tak banyak fasilitas kampus yang kami gunakan, praktikum yang menjadi terhalang, hingga belum lagi jika mahasiswa yang tinggal mengambil SKS skripsi atau tugas akhir. Padahal UKT yang sudah kami bayarkan diawal dimaksutkan untuk menunjang instrumen-instrumen diatas. Kemudian jika dialihkan kedalam bentuk daring, maka seharusnya kami bisa mendapatkan kembali biaya yang sudah kami bayarkan diawal, karena kami tidak menikmati instrumen-instrumen yang sama dengan ketika kami dalam kondisi normal. Tanpa berusaha menyalahkan situasi global yang terserang Pandemik Covid-19, kami mencoba mengkritisi beberapa hal, utama nya mengenai kewajiban dalam bentuk UKT yang sudah dibayarkan dengan hak yang tidak kami terima secara maksimal karena beralihnya proses perkuliahan menjadi Daring. Yang kemudian menimbulkan persoalan baru, karena mahasiswa dituntut mengeluarkan biaya tambahan demi menunjang perkuliahan daring tersebut.

Belum lagi, jika mendasarkan pada isi dari surat edaran tersebut yang menyatakan bahwa perkuliahan akan kembali seperti semula diakhir semester genap ini, serta kemudian mahasiswa juga diharuskan membayar UKT kembali untuk semester selanjutnya, maka hal ini jelas memberatkan bagi kami. Mengingat Pandemik Covid-19 ini berimbas kepada seluruh manusia dan aspek lain. Seperti hal nya penghasilan orang tua yang tentu saja menurun atau bahkan banyak juga orang tua kami yang tidak mendapatkan penghasilan sama sekali karena tidak memungkinkan bekerja di tengah situasi mencekam seperti ini. harga bahan pangan mulai naik dan bahkan berpotensi langka. Kegiatan akademik kami ternyata tidak berjalan mulus, banyak kendala dan evaluasi yang harus segera di perbaiki. Kampus seharusnya membaca dan mempertimbangkan hal-hal semacam ini demi kemanusiaan dan kebermanfaatan bagi banyak pihak. Sehingga diharapkan kampus dapat bertindak bijak untuk membantu semua mahasiswa ditengah kondisi saat ini, salah satunya yaitu dengan cara pengembalian sejumlah nominal UKT yang instrumen nya tidak dipakai ketika beralih menjadi perkuliahan daring, atau pemotongan nominal UKT untuk semester berikutnya.

Untuk itu Bapak Rektor beserta jajaran lainnya yang kami hormati dan sayangi, ijinkan lah kami menyampaikan 2 buah tuntutan.

1.Kembalikan UKT Mahasiswa Seadil-Adilnya.

2.Berikan Jaminan Kelangsungan Kuliah "Online".

 

Demikian tuntutan kami bapak, kalau bapak menginginkan kami melampirkan kajian ilimiah, kami sangat bersedia. Namun, bapak harus juga menjamin agar tuntutan kami di penuhi.

Terimakasih.

#Koalisi Mahasiswa Sayang UNNES

Frans Josua Napitu (0822-7305-8539)