Petisi ditutup

Penangguhan pembayaran SKS mahasiswa sampai UAS Unwahas!

Petisi ini mencapai 484 pendukung


Assalamu'alaikum wr.wb

Hidup Mahasiswaaa, hidup rakyat indonesia!


Merebaknya wabah COVID-19 di Indonesia telah berimbas kesegala lini, terutama sektor pendidikan. Himbauan terkait bekerja atau belajar dari rumah serta social distancing berdampak besar terhadap kegiatan perkuliahan. Terutama bagi saya dan teman-teman mahasiswa. Saat ini kami kebingungan untuk melaksanakan perkuliahan daring di kampus kami.

Universitas Wahid Hasyim melalui Rektor menerbitkan Surat Edaran yang ber-Nomor: 323/B.03/UWH/IV/2020 tentang Pembayaran SKS sesuai jadwal yang berlaku sebelumnya. Intinya, wajib membayar SKS sesuai jadwal awal. 

Namun ada yang terlupakan dari Surat Edaran ini, bagaimana dengan kami mahasiswa yang pekerjaan orang tua terhenti karena dampak dari wabah COVID-19 ini? yang bahkan untuk makan sehari hari pun cukup kesusahan sekali? dan bagaimana dengan kami mahasiswa perantau yang tidak bisa pulang kerumah dan harus membayar biaya hidup sehari hari dan kost? mengingat tidak semua mahasiswa orang lokal dan dekat dengan kampus. kami tetap harus membayarnya sesuai jadwal?

Ada beberapa masalah berkaitan dengan pembelajaran daring yang diikuti oleh mahasiswa, baik itu menyoal jaringan internet yang tidak stabil, besarnya kuota internet yang harus disediakan untuk setiap mata kuliah serta kurang efektifnya bimbingan atau pembelajaran yang dilakukan secara daring.

Tentunya ini semua menjadi kendala besar yang tidak dapat diselesaikan dengan Surat Edaran yang diterbitkan dengan begitu saja yang dimana point-point nya tidak mengedepankan prinsip prinsip kepedulian dan asas kekeluargaan. Padahal selama ini yang kami tahu bahwa kampus sendiri ber basis Ahlul sunnah Waljamaah.

Dilema terbesar yang kami hadapi, dengan mewajibkan mahasiswa melakukan pembayaran biaya SKS sesuai jadwal bukanlah solusi yang tepat ditengah kondisi ekonomi yang tidak stabil akibat mewabahnya COVID-19 ini. Kami tentunya tidak ingin menjadi beban lagi bagi orangtua dengan membayar biaya SKS sesuai jadwal normal. 

Untuk itu, saya dan teman-teman mahasiswa punya permintaaan kepada Rektor Universitas dan jajarannya. Yaitu menerbitkan kebijakan dengan menangguhkan kami dari pembayaran biaya SKS sampai UAS.

Salam,

Rotama Gurning - Kementerian Riset Kajian & Advokasi BEM Unwahas



Hari ini: Rotama mengandalkanmu

Rotama Gurning membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Rektor Universitas Wahid Hasyim Semarang: Penangguhan pembayaran SKS mahasiswa sampai UAS Unwahas!". Bergabunglah dengan Rotama dan 483 pendukung lainnya hari ini.