Segera Perbaiki Fasilitas Asrama Denpasar Universitas Udayana

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


PERNYATAAN SIKAP ALIANSI MAHASISWA ASRAMA (ASMARA) DENPASAR

 

“Yang penting adalah percakapan dengan kebebasan. Juga kemerdekaan untuk mencari sendiri apa yang benar dan yang adil.” – Goenawan Mohamad, Catatan Pinggir 7

 

Universitas Udayana (Unud) termasuk universitas negeri yang sedang gencar-gencarnya meningkatkan akreditasi institusi demi tercapainya pengakuan sebagai World Class University, begitu pun Rektor terpilih Prof. Dr. dr. A.A. Raka Sudewi, Sp.S.(K) sejak awal visi & misi pencalonannya secara eksplisit menitikberatkan perhatian pada tata kelola kelembagaan yang baik berlandaskan prinsip Good University Governance. Maka dari itu untuk mencapai hal-hal tersebut Unud dituntut untuk memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat sebagai Badan Publik[1]. Salah satu pelayanan terkait kesejahteraan mahasiswa yang Unud berikan berupa Asrama Mahasiswa yang berlokasi di Jimbaran dan Denpasar.

 

Asrama Mahasiswa adalah unit pelayanan sebagai Barang Milik Negara (BMN) yang terintegrasi dalam struktur dan tata kelola perguruan tinggi untuk memberikan layanan hunian. Asrama Denpasar memiliki 48 kamar dengan daya tampung 96 orang. Mahasiswa yang akan tinggal di Asrama Denpasar dikenakan tarif sebesar Rp 2.400.000/tahun ditambah biaya listrik Rp 30.000/item dalam setahun. Dana itu akan masuk ke rekening Badan Layanan Umum (BLU) Universitas Udayana selanjutnya menjadi Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) dimana implementasi PNBP adalah “dalam rangka pencapaian tujuan nasional sebagaimana termaktub dalam Undang-Undang Dasar 1945”.

 

Merupakan Hak Mahasiswa sebagaimana termaktub pada Pasal 79 Ayat 2 Huruf c Peraturan Menteri Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2017 Tentang Statuta Universitas Udayana yaitu “memanfaatkan fasilitas yang ada dalam rangka proses belajar”. Namun, alih-alih menjadi prasarana yang memadai dan mendukung kenyamanan mahasiswa dalam melakukan proses belajar justru ada berbagai persoalan yang hadir dan tak kunjung terselesaikan selama bertahun-tahun, seperti; (1) kondisi fasilitas kamar yang buruk, (2) petugas kebersihan yang tidak selalu hadir di hari kerja, (3) tidak adanya petugas keamanan, (4) fasilitas listrik dan air yang sering tidak berfungsi selama berhari-hari, dan (5) toilet yang rusak berat hingga tak bisa dipakai. Tentu persoalan tersebut bertentangan dengan Pasal 25 Ayat 5 Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi Dan Pengelolaan Perguruan Tinggi yang seharusnya penetapan norma, kebijakan operasional, dan pelaksanaan pemanfaatan sarana dan prasarana terdiri atas: a) penggunaan sarana dan prasarana; b) pemeliharaan sarana dan prasarana; dan c) pemanfaatan sarana dan prasarana; sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

 

Atas dasar tersebut melalui petisi ini, kami dari Aliansi Mahasiswa Asrama (ASMARA) Denpasar sebagai bagian sivitas akademika yang peduli terhadap tata kelola yang baik di Unud, menyatakan:

 

1.       Rektor beserta jajarannya harus segera memperbaiki fasilitas Asrama Denpasar:

a)     pembaharuan fasilitas kamar,

b)     petugas kebersihan yang rutin hadir pada hari kerja,

c)      pengadaan petugas keamanan,

d)     perbaikan mesin air yang sering tidak berfungsi, dan

e)     renovasi toilet yang rusak

2.       Menuntut Transparansi Rancangan Anggaran dan Realisasi Anggaran terkait Asrama pada khususnya dan Barang/Jasa pada umumnya

3.      Menyerukan demokratisasi kampus dengan perlibatan aktif mahasiswa dalam segala bentuk kebijakan

 

Narahubung: Essa Otswai Darmawan (082340567541)

[1] Badan Publik adalah lembaga eksekutif, legislatif, yudikatif, dan badan lain yang fungsi dan tugas pokoknya berkaitan dengan penyelenggaraan negara, yang sebagian atau seluruh dananya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara dan/atau Anggaran Pendapatan dan  Belanja Daerah, atau organisasi nonpemerintah sepanjang sebagian atau seluruh dananya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan  Belanja Negara dan/atau Anggaran Pendapatan dan  Belanja Daerah, sumbangan masyarakat, dan/atau luar negeri.



Hari ini: Aliansi Mahasiswa Asrama (ASMARA) Denpasar mengandalkanmu

Aliansi Mahasiswa Asrama (ASMARA) Denpasar membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Rektor Universitas Udayana: Segera Perbaiki Fasilitas Asrama Denpasar Universitas Udayana". Bergabunglah dengan Aliansi Mahasiswa Asrama (ASMARA) Denpasar dan 47 pendukung lainnya hari ini.