Tolak UKT Full Semester 9

0 telah menandatangani. Mari kita ke 1.500.


Teringat Jelas di tahun 2013 dikeluarkan aturan Permendikbud no 55 tahun 2013 yang mengubah sistem SPP menjadi sistem Uang kuliah tunggal.Kebijakan ini disesuaikan dengan kondisi ekonomi keluarga (kisahnya) seperti itu dan keseluruhan biaya sudah dibebankan di sistem UKT.Penetapan UKT itu sendiri bedasarkan surat edaran Dirjen DIKTI nomor 97/E/KU/2013 yang diterbitkan pada 5 februari 2013.

Sedari awal kebijakan ini terkesan prematur untuk diberlakukan,dimana diawal ada kecacatan dalam pelaksanaanya,besaran biaya ukt dipukul rata,dmaka terjadi pergolakan massa penoakan dari mahasiswa pada2013 lalu ,kemudian dibukakan ruang untuk pengajuan penurunan UKT.

Pelaksanaansistem  ukt di unnes menemui banyak permasalahan.Mulai dari penetuan golongan UKT,mulai dari penentuan golongan UKT untuk mahasiswa baru hingga mekanisme banding dan penangguhan yang diskriminatif.Transparansi dana UKT juga menjadi sorotan sampai saat ini,Mahasiswa belum mengetahui pos pos mana yang ditanggung UKT.Permasalahan UKT seolah menjadi permasalahan yang munul tiap semester.

Secara regulasi biaya UKT diperhitungkan untuk 8 semester saja,dari beberapa kajian mahasiswa yang  disampaikan ke pihak rektorat,terkait mayoritas mahasiswa yang tinggal merampungkan skripsi saja diusulkan untuk penurunan biayab UKT sebesar 50%-75%,tapi hanya ditanggapi sederhana oleh pihak rektorat ,malah disebut cara yang tidak mendidik karena justru dapat menyebabkan motivasi mahasiswa untuk segera lulus menurun.

Mari kembali kita bedah rumus UKT = BKT – BOPTN

Dalam bahan presentasi Permendikbud tentang Penyusunan Unit Cost (Biaya Langsung+Biaya Tidak Langsung), dijelaskan bahwa satuan UC atau BKT akan dibagi dengan angka 8, yang menunjukkan lamanya pembelajaran.

Sebagai contoh sebuah prodi dengan Unit Cost sebesar Rp 84,981,342,. Apabila dibagi dengan empat tahun seperti yang terkutip dalam SSBOPTN maka nilai UC mahasiswa pertahun adalah Rp 21.245.335,- dan apabila nilai UC dibagi dengan jumlah semester (8 semester) maka mendapatkan UC per semester sebesar Rp 10.622.668.

Maka, jika dibandingkan dengan sistem SPMA, seharusnya akumulasi UKT hingga 8 semester untuk sarjana atau 6 semester untuk diploma telah melunaskan biaya pendidikan berupa uang gedung (uang pangkal) dan seluruh SKS untuk kelulusan (rata-rata 144 SKS untuk S1 dan 110 SKS untuk diploma).

Perhitungan BKT atau UKT dengan nilai pembagi 8 semester bagi jenjang sarjana dan 6 semester untuk diploma diperkuat dalam pedoman penyusunan Standar Satuan Biaya Operasional Pendidikan Tinggi Negeri (SSBOPTN) yang dikeluarkan oleh dikti, yakni dalam perhitungan paket BOPTN didasarkan atas rumus dengan nilai (n) sebagai pembagi dalam jumlah semester, yaitu semester 8 untuk jenjang sarjana dan n=6 untuk jenjang diploma

Dibeberapa universitas seperti UNS,UB,MUSAMUS,UNJ,UGM,UPI dan Unila mendapatkan penurunan UKT mahasiswa semester 9 dan seterusnya dan jalan yang dietmpuh juga berbeda-beda ada yang melalui jalur advokasi dan ada yang harus mengarahkan aksi massa hingga berbuah hasil manis.

Kewajiban kita selama ini sudah tertunaikan,jadi selayaknya kita Mendapatkan HAK kita !

Perjuangan Harus segera kita mulai!!

Mengutip pernyataan Widji Thukul ''Apabila usul ditolak tanpa ditimbang,suara dibungkam kritik dilarang tanpa alasan,hanya ada satu kata LAWAN''

Dan kami aliansi mahasaiswa Universitas Negeri Semarang Menuntut Rektor Universitas negeri semarang untuk :

1.Melakukan penurunan UKT Mahasiswa UNNES semester 9 dan seterusnya sebesar 50%-75%

2.Memberikan transparansi UKT Unnes secara terbuka kepada mahasiswa

3.Membuat SOP yang jelas mengenai aturamn banding.

 

Kami seluruh mahasiswa UNNES dengan almamater kebanggaan kami siap untuk turun menduduki rektorat UNNES dengan ribuan massa aksi jika tuntutan kami tak dipenuhi !!!

Hidup Mahasiswa!

ttd

Aliansi Mahasiswa UNNES

CP: Willy Wijaya (0857 2617 8534)

      Frans Josua Napitu (082273058539)



Hari ini: Aliansi Mahasiswa UNNES mengandalkanmu

Aliansi Mahasiswa UNNES membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Rektor Universitas Negeri Semarang: Tolak UKT Full Semester 9". Bergabunglah dengan Aliansi Mahasiswa UNNES dan 1.039 pendukung lainnya hari ini.