Undurkan Batas Pengajuan Pengunduran Diri Universitas Muhammadiyah Surakarta

Undurkan Batas Pengajuan Pengunduran Diri Universitas Muhammadiyah Surakarta

0 telah menandatangani. Mari kita ke 2.500.


Masa pandemi ini membawa banyak perubahan kebijakan yang berdampak langsung pada kami, calon mahasiswa baru tahun 2020. Kebijakan terkait Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK) oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) berkali-kali berubah. Mulai dari tanggal awal pelaksanaan UTBK pada 20-26 April 2020 yang akan diumumkan pada 12 Mei 2020 hingga akhirnya dilaksanakan dengan dua sesi pada bulan Juli yang diumumkan pada tanggal 20 Agustus 2020.

Perubahan dari pusat ternyata tidak membuat UMS ikut mengubah tanggal akhir pengajuan pengunduran diri bagi mahasiswa barunya. Sejak awal sudah diberitahukan bahwa batas akhir pengajuan pengunduran diri dengan pengembalian uang sebesar 75%-85% adalah tanggal 1 Agustus 2020. Ini sangat adil bila pengumuman SBMPTN tetap di tanggal awal, tetapi sayangnya tidak.

Di awal, kami merasa sangat bersyukur diterima di UMS dan diberikan kesempatan untuk memilih, bahkan uang pun dapat kembali. Namun, kami tidak tahu akan ada pengunduran tanggal dari LTMPT yang kini membuat orang tua dan kami bimbang. Kami kecewa karena ini bukanlah konsekuensi yang seharusnya kami dapatkan.

Belum lagi, kondisi pandemi memaksa setiap keluarga berjuang makin keras untuk mengais rezeki. Alangkah baiknya bila tanggal pengajuan pengunduran diri UMS dapat diundur hingga kita dapat memanfaatkan pengembalian uang itu untuk kebutuhan lainnya. Bila tidak, kami akan 100% kehilangan uang dengan jumlah yang tidak sedikit tersebut. Mohon kebijaksanaan pihak UMS karena kondisi ini sama-sama tidak bisa kita prediksi.