REJUVENASI ATAU BUBARKAN IKAUNJA!!

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


REJUVENASI ATAU BUBARKAN SAJA!! (1)

Kesejarahan Universitas Jambi seiring dengan kesejarahan Provinsi Jambi itu sendiri, berawal dengan berdirinya Akademi Perniagaan Djambi tahun 1960,  tokoh-tokoh masyarakat dan Pemerintah Daerah Jambi memperjuangkan berdirinya sebuah perguruan tinggi di Jambi. Hingga pada tanggal 1 April 1963 Universitas Negeri Jambi dikukuhkan dengan Surat Keputusan Menteri PTIP Nomor 25 Tahun 1963 tanggal 23 Maret 1963.

Dalam kurun waktu lebih kurang 56 tahun, Universitas Jambi telah membuktikan diri sebagai Universitas Negeri yang konsisten dalam mencetak SDM yang mampu dan berkualitas, ribuan alumni tersebar di semua lini pengabdian.

Namun sangat disayangkan Ikatan Keluarga Alumni-nya (baca: IKAUNJA) seperti tertidur panjang. Tidak memberikan kontribusi nyata terhadap masyarakat apalagi alumni Unja kebanyakan. Selama ini organisasi IKAUNJA hanya dijadikan etalase kesuksesan bagi alumni-alumni yang telah besar, stereotip-nya "belum diakui sebagai alumni UNJA jika belum sukses dan menyumbang paling besar". Sehingga IKAUNJA pun menjadi alat untuk melanggengkan hegemoni kekuasaan, terlebih saat musim pemilihan kepala daerah, Pemilu ataupun suksesi lainnya.

IKAUNJA telah melenceng dari cita-cita awal pendirian Ikatan Alumni, Pengurus IKAUNJA hanya berisikan "orang-orang sukses". Lalu apa gunanya IKAUNJA dipertahankan jika organisasi ini hanya bermanfaat bagi elit dan segelintir orang, bukan memberi manfaat bagi masyarakat, Kampus Unja, dan alumni Unja sendiri.

Kini, saatnya kita mengatakan cukup sudah. REJUVENASI ATAU BUBARKAN SAJA IKAUNJA!!