Petisi - Mahasiswa UIN Makassar Tolak #Skorsing3tahun

0 telah menandatangani. Mari kita ke 500.


Sanksi skorsing selama 3 (Tiga) tahun kepada sejumlah Mahasiswa UIN Alauddin yang ditandatangani oleh Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Prof Musafir Pababbari tidak mencerminkan nilai edukasi.

Sanksi tersebut tidak dapat diterima secara akal sehat dan tidak berdasar. Institusi pendidikan yang tugasnya membina dan mencerdaskan anak bangsa, kini menjadi rumah yang menakutkan.

Dengan demikian, kami menganggap bahwa pemberian sanksi skorsing selama tiga tahun adalah tidak tepat. Patut kiranya birokrasi membatalkan SK Skorsing tersebut.

Mengapa SK Skorsing perlu dibatalkan? Pertama, dasar pemberian sanksi adalah upaya efek jera bagi mahasiswa yang terlibat bentrokan beberapa waktu yang lalu. Akan tetapi, secara sah dan berkekuatan hukum, mahasiswa-mahasiswa yang sebelumnya dinyatakan terlibat itu, sama sekali tidak terbukti bersalah dan divonis bebas oleh majelis hakim.

Kedua, mereka secara sadar dan meyakinkan telah sepakat untuk berdamai dan tidak akan mengulangi aksi bentrokan serupa. Sikap kesatria itu juga disaksikan dan disetujui oleh sejumlah dosen dan pimpinan fakultas yang bersangkutan.

Ketiga, sebelum SK Skorsing itu dikeluarkan, mahasiswa tersebut telah menjalani hukuman berupa kurungan penjara selama beberapa bulan di Polres Gowa dan Rumah Tahanan Makassar.

Kami Menolak SK Skorsing, Hidup Mahasiswa!!