BERGERAK MELAWAN PLAGIARISME

BERGERAK MELAWAN PLAGIARISME

0 telah menandatangani. Mari kita ke 200.
Dengan 200 tanda tangan, petisi ini akan lebih mungkin ditampilkan di halaman rekomendasi!
Mahasiswa Biasa memulai petisi ini kepada Rektör dan

Konstruksi “moral force” dan "social control" pergerakan mahasiswa yang selama ini berlangsung menjadi kekuatan strategis menghadapi permasalahan internal kampus dalam menyiasati berbagai tantangan perubahan. Meski keterlibatan kekuatan moral gerakan mahasiswa harus dalam bangunan etika dan moral.

Dalam konteks pemilihan rektor maupun kehidupan akademik secara umum, salah satu isu penting yang dinilai memiliki relasi dengan kepentingan publik  adalah soal calon rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang diduga melakukan plagiasi. Karena problem plagiasi yang diduga pernah dilakukan salah satu calon rektor bukan sekedar merefleksikan permasalahan privat, tetapi secara prisipil juga merupakan uji publik personal yang gagal menjadi “role model” dalam melembagakan nilai kejujuran dan kebenaran yang menjadi paradigma etik dalam pengembangan ilmu pengetahuan.

Untuk merespon kasus plagiasi salah satu Calon Rektor UIN Maliki Malang, maka kami mendesak para pihak yang berwenang untuk menjalankan amanat Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendididkan Nasional dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 17 tahun 2010 tentang Pencegahan dan Penangulangan Plagiasi di Perguruan Tinggi.

Kami menuntut pihak yang berwenang, baik rektor, dewan etik, Menteri Agama, dan Mendikbud Dikti:

1. Memproses kasus plagiasi yang diduga dilakukan oleh salah seorang calon rektor dengan sungguh- sungguh dan transparan.
2. Memberikan sanksi administratif sesuai dengan tingkat kesalahannya menurut aturan perundang-undangan yang berlaku.
3. Proses sanksi yang akan dilakukan tidak hanya berkaitan dalam proses pencalonan rektor, melainkan juga sanksi administratif secara keseluruhan sesuai dengan peraturan yang berlaku.
 

0 telah menandatangani. Mari kita ke 200.
Dengan 200 tanda tangan, petisi ini akan lebih mungkin ditampilkan di halaman rekomendasi!