Petisi ditutup

DUKUNG KPK ! LAWAN HAK ANGKET

Petisi ini mencapai 47 pendukung


DUKUNG KPK ! LAWAN HAK ANGKET !

Salah satu amanah dari reformasi adalah kesungguhan dalam melakukan pemberantasan korupsi, yang  merupakan ancaman kebangkrutan negara ini. Korupsi juga didefinisikan sebagai kejahatan luar biasa (crime extra ordinary), sekelompok dengan kejahatan narkoba dan terorisme. Oleh karena itu diperlukan langkah khusus dalam pemberantasannya.

KPK dilahirkan dalam suasana dan semangat yang demikian, guna mencegah dan memberantas korupsi yang sudah ber-urat nadi dalam kehidupan sosial, politik, dan ekonomi  kita. Dengan segala kewenangan dan kekhususan yang melekat padanya serta dukungan dari masyarakat yang begitu kuat, KPK diharapkan tidak kecut dihadapan para koruptor. Walaupun kita bisa melihat ada upaya berkali kali yang ingin melumpuhkan, membonsai, bahkan membubarkan KPK selama ini. Hal itu bisa kita nilai sebagai upaya para jaringan koruptor yang terganggu dengan kerja-kerja KPK. Peristiwa terakhir yang sangat memprihatinkan adalah penyerangan brutal , yang tidak berperikemanusiaan, terhadap penyidik KPK, Novel Baswedan.

Begitu pula dengan “kelahiran cacat” Hak Angket DPR  terhadap KPK.  Langkah konyol DPR ini bisa dianggap sebagai bentuk intervensi politik pada penegakan hukum, upaya menghalangi proses penyidikan dan penyelidikan oleh penegak hukum, atau bahkan semacam teror politik DPR terhadap KPK. Untuk  kesekian kalinya kita disuguhkan dengan sebuah “Drama Murahan” para politisi DPR yang abai dari aspirasi yang berkembang di publik. DPR telah mempertontonkan perilaku politik egoisme dan tidak peduli dengan pandangan kebanyakan rakyatnya. Celakanya lagi, karena interest pribadi dan kelompok yang lebih dominan, DPR pun keliru menerjemahkan Hak Angket dengan menyasar KPK. KPK tidaklah termasuk pihak yang dituju dalam penggunaan Hak Angket DPR sebagaimana dimaksud dalam UU MD3.

Atas dasar pemikiran di atas, adalah merupakan kewajiban bagi kita setiap elemen dan anak-anak bangsa untuk bersama ikut meluruskan langkah DPR yang keliru itu. Hak Angket terhadap KPK harus dilawan dan dibatalkan. Mari bersama kita tetap dukung dukung KPK untuk berkerja secara profesional, objektif, independen, tidak tebang pilih, serta memiliki keberanian untuk tidak takut menghadapi siapapun yang terlibat korupsi.  



Hari ini: Jaringan Masyarakat Anti Korupsi mengandalkanmu

Jaringan Masyarakat Anti Korupsi membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Rakyat Indonesia : DUKUNG KPK ! LAWAN HAK ANGKET". Bergabunglah dengan Jaringan Masyarakat Anti Korupsi dan 46 pendukung lainnya hari ini.