Kecam Pemblokiran Rekening Guru, Copot Kadisdikbud Kaltim !

0 telah menandatangani. Mari kita ke 500.


Samarinda, 22 Mei 2017  guru dari perwakilan Kabupaten/Kota di Kalimantan Timur bersama elemen mahasiswa mengadakan aksi damai di depan Kantor Gubernur Kaltim untuk menagih janji Pemprov dalam hal ini oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltim untuk segera mencairkan gaji yang telah dijanjikan pada aksi 2 Mei 2017. Aksi tetap berlangsung dengan damai sementara perwakilan aksi diterima untuk audiensi di dalam bersama perwakilan Pemprov. Aksi berlangsung damai hingga Pemprov menemui massa aksi untuk kembali menuturkan janjinya untuk mencairkan gaji guru yang telah dijanjikan sebelumnya.

Namun, di tanggal yang sama Kepala Dinas Pendidikan & Kebudayaan Kaltim mengeluarkan Surat No. 900/6795/DISDIKBUD.Ib/2017 yang ditujukan kepada Pimpinan Utama Bank perihal permohonan blokir rekening kepada 13 orang perwakilan guru yang mengikuti aksi hingga audiensi. Hal ini sangat disesalkan, sebab tindakan yang dilakukan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kaltim terhadap 13 guru yang melakukan aksi dan audiensi  terlalu berlebihan dan tidak demokratis, sebab aksi dan audiensi dilaksanakan sesuai prosedur yang berlaku. Tindakan ini dapat berbuntut panjang jika tak segera ditanggapi secara serius oleh Gubernur Kaltim.

KAMMI Kaltim-Kaltara sebagai salah satu elemen gerakan yang konsen membersamai perjuangan guru untuk memperoleh hak yang dijanjikan oleh pihak Pemprov Kaltim sendiri, merasa ada sesuatu yang tak beres dengan tindakan yang mencederai aktivitas berdemokrasi. Sebab guru-guru tersebut adalah representasi dari massa guru tidak hanya di depan Kantor Gubernur melainkan guru-guru lainnya di Provinsi Kaltim.

13 guru tersebut dikenal lantang untuk menyuarakan aspirasi guru-guru yang lain. Hal ini tentunya mengganggu citra profesional dari Gubernur serta Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kaltim sebagai penanggung jawab pelaksanaan pendidikan di Kaltim. Upaya-upaya seperti ini terindikasi sebagai niat pembungkaman kepada warga Kaltim yang ingin menyuarakan aspirasi dan meminta hak yang sudah seharusnya mereka terima.

Dengan adanya tindakan pemblokiran rekening ini KAMMI Kaltim Kaltara mendesak Gubernur Kaltim untuk segera mengusut latar belakang dan motif dibalik pemblokiran rekening guru tersebut serta segera memberhentikan Kadisdikbud Kaltim sesegera mungkin. Sebab tindakan-tindakan seperti ini akan mencederai nilai-nilai demokrasi dan mencederai visi Kaltim maju pada 2018 serta memicu keresahan dan kekecewaan yang mendalam dari para tenaga pendidik. Tentunya hal ini akan berimbas pada terganggunya upaya-upaya penyelenggaraan pendidikan di Provinsi Kaltim.



Hari ini: PW KAMMI Kaltim Kaltara mengandalkanmu

PW KAMMI Kaltim Kaltara membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "PW KAMMI Kaltim-Kaltara: Kecam Pemblokiran Rekening Guru, Copot Kadisdikbud Kaltim !". Bergabunglah dengan PW KAMMI Kaltim Kaltara dan 260 pendukung lainnya hari ini.