Kembalikan rute awal bis kota lama yang dulu dihapus

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Bis kota yang ada dahulu dapat mempermudah akses banyak orang untuk bepergian dari suatu tempat ke tempat lain dengan praktis dan mudah. Menurut berita pada artikel ini terdapat sejumlah rute bis kota yang dihapus karena ada kedatangan Transjakarta.

https://news.okezone.com/read/2011/01/13/338/413384/inilah-126-trayek-bus-yang-dihapus

https://megapolitan.kompas.com/read/2016/02/10/08241041/124.Trayek.Bus.Besar.di.Jakarta.Dipastikan.Hilang

https://www.viva.co.id/berita/metro/198970-ini-trayek-bus-reguler-yang-dihapus 

Semenjak rute-rute tersebut hilang, maka untuk bepergian ke suatu tempat menjadi kurang praktis. Ada trayek transjakarta yang dapat menggantikan trayek bis kota yang pernah ada, ada yang tidak dapat menggantikan trayek bis kota yang lama. Bepergian ke suatu tempat yang pada awalnya dapat praktis menjadi kurang praktis. Masalah dengan jumlah armada yang terbatas dan waktu tunggu yang lama, menyebabkan penumpukan di halte transit.

Mendengar berita tentang pembukaan trayek-trayek Transjakarta yang baru diluar koridor utama, maka kami berharap bahwa PT Transportasi Jakarta dapat membuka rute Transjakarta yang baru, sehingga meringankan beban halte terhadap penumpukan calon penumpang yang terjadi di halte.

 

Pernah dilakukan jajak pendapat tentang halte busway yang penumpukannya paling tinggi, berdasarkan hasil jajak pendapat maka halte Cawang UKI yang memegang tertinggi dalam penumpukan calon penumpang, diikuti oleh halte Harmoni.

Berikut link postingan pada grup facebook Busway Fans Club (BFC), bahwa halte Cawang UKI memegang rekor terbanyak dengan penumpukan penumpang.

https://www.facebook.com/groups/buswayfansclub/permalink/1827400797297821/

Pernah dilakukan usulan untuk menghidupkan rute-rute baru transjakarta dan banyak member group yang setuju akan hal tersebut. Pada facebook group pernah dilakukan jajak pendapat tentang rute-rute yang sebaiknya dihidupkan itu trayek mana saja dan pilihan terbanyak jatuh pada Rawamangun - Blok M (rute mayasari 300 dulu)

https://www.facebook.com/groups/buswayfansclub/permalink/1803050116399556/

Permintaan buka rute yang diusulkan adalah sebagai berikut:

Berikut rute yang diminta karena dihapus:
1. Bus Mayasari Bakti P AC 49 Blok M – Tanjung Priok atau rute Agung Bhakti Blok M - Tanjung Priok.

Blok M – Senayan – Jalan Jenderal Sudirman – Semanggi – Jalan Tol Dalam Kota – Jalan Laksamana Yos Sudarso – Plumpang – Tanjung Priok
Rute dapat express via tol, dapat melalui koridor 9 di pinggiran tol sampai BNN lalu belok ke arah Tj Priok
Alasan: meminimalisir transit, jika harus transit semanggi dengan JPO yang panjang dan halte cawang UKI yang antrean orang jurusan Priok, dengan dibukakan rute ini maka antrean di halte cawang UKI dapat lebih minim.

2. Blok M - Tj Priok seperti rute PAC 49
via Sudirman - Slipi - Grogol - Yos Sudarso - Enggano

3. Rute Jasa Utama P125 jurusan Blok M - Tanjung Priok (via Sudirman - Thamrin - Pasar Baru - Gunung Sahari - RE Martadinata)

4. Blok M - Pulogadung/Rw Mangun seperti rute mayasari R57 dan 300
Blok M - Bundaran Senayan - Gatot Subroto - Cikoko Stasiun Cawang - Cawang Sutoyo - Penas Kalimalang. Ada yg berbelok ke rwmangun dari Pramuka BPKP, ada yg belok setelah di Cempaka Mas menuju Pulo Gadung
Berdasarkan hasil jajak pendapat di grup facebook, ternyata cukup banyak yg vote untuk rute ini

5. Blok M - Tj Priok seperti rute P38
Blok M - Trunojoyo - Wolter Monginsidi - Kapt. Tendean - Gatot Subroto - MT. Haryono - Otista -Jatinegara Barat - Matraman Raya - Pramuka - Ahmad Yani - Yos Sudarso - Enggano - Terminal Tanjung Priok
Alasan: meminimalisir transit dan antrean di halte transit, dengan ini akan lebih mudah orang dari kampung melayu/jatinegara ke priok tanpa ribet transit dan rute ini pasti banyak diminati

6. Kampung Melayu - Tj Priok, seperti rute steady safe yang dulu steady safe 948, dapat perpendekan dari P38 (Priok - Blok M)

7. Grogol - Perumnas Klender seperti rute Steady Safe PAC 55
Grogol - Roxy - Tanah Abang - Casablanka - Basuki Rahmat/BKT - Buaran
Alasan: rute ini dulu cukup gemuk dan sangat memudahkan orang kisaran casablanka, meski sekarang sudah ada 4F dan TJ kecil tebet - karet

8. Grogol - Blok M
Blok M - Bundaran Senayan - Semanggi - S.Parman
Alasan: dapat mengurangi beban T11 (ke Tangerang) dan untuk yg ke grogol lebih mudah, mengurangi antrean di Semanggi dan senayan JCC

9. Kp.Melayu - Kalideres
Seperti rute P78 dan mayasari PAC50, dapat dicut juga hanya sampai Grogol seperti PPD 213. Bukan kp.melayu - grogol yang sekarang ada yang setelah bundaran HI belok ke Thamrin, tetapi ini belok ke dukuh atas lalu naik jembatan semanggi menuju slipi/grogol.

Alasan: rute ini dulu cukup gemuk, memudahkan orang dari jatinegara menuju Sudirman/Dk Atas - Slipi - Grogol

10. Pondok Gede - Pasar Baru (bisa sampai Juanda saja) seperti Mayasari P9
via Pinang Ranti - Tol Cawang - Pramuka - Ps Senen

11. Pinang Ranti - Tj Priok
Pinang Ranti - Tol Jagorawi - Cawang Uki - Pramuka - Yos Sudarso - Enggano - Tj Priok

Alasan: meringankan beban halte cawang UKI yang biasa sering antre panjang karena orang akan menuju priok, jurusan priok juga sudah banyak antre oleh orang yang dari BKN (transitan depok dan cibubur)

12. Kampung Rambutan - Blok M, seperti rute PPD AC80
Blok M - Bundaran Senayan - Gatot Subroto - Cawang Ciliwung - UKI. dari UKI ada yg tidak lewat tol HEK, ada yg lewat tol HEK



Hari ini: Hendar mengandalkanmu

Hendar Hardiansyah membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "PT Transportasi Jakarta: Kembalikan rute awal bis kota lama yang dulu dihapus". Bergabunglah dengan Hendar dan 18 pendukung lainnya hari ini.