TOLAK GALON SEKALI PAKAI

Recent news

Le Minerale Jawab Petisi #TolakGalonSekaliPakai

Teman-teman, PT Tirta Frisindo Jaya (TFJ) akhirnya kasih respon sama petisi #tolakgelonsekalipakai.

Lewat media, TFJ bilang udah kerja sama dengan ADUPI, IPI, dan APSI untuk penarikan galon dan daur ulang yang berbahan PET (plastik nomor 1) dari lingkungan. TFJ juga bilang mereka produksi galon sekali pakai karena keinginan konsumen. Menurutmu gimana?

Mereka mengaku sudah sesuai dengan persyaratan dari BPOM maupun Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Tapi, pernyataan TFJ ini malah bertolak belakang dengan pernyataan Direktur Jenderal Pengelolaan Limbah, Sampah, dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3) KLHK, Rosa Vivien Ratnawati. Beliau bilang langkah perusahaan produsen air kemasan tersebut kontradiktif dengan kebijakan pemerintah.

Sejak awal, galon sekali pakai saja sudah bertentangan dengan kebijakan pemerintah tentang penurunan limbah plastik. Lagipula, air kemasan galon isi ulang juga sangat aman kok, karena sudah mendapatkan izin keamanan pangan dari Badan POM.

Jadi jelas kan, kalau produk air kemasan galon sekali pakai itu cuma buat ribet kerjaan Pemerintah dan masyarakat untuk mengurangi sampah plastik di lingkungan dan akan menambah beban baru untuk ekosistem yang berada di laut. Karena kan sampah plastik yang lama terurai itu akan bermuara ke lautan.

Salah satu alasan kami membuat petisi ini pun untuk mendorong para produsen untuk berbenah terkait sampah plastik yang dihasilkan dan tidak bersembunyi dibalik kata-kata recycle serta lebih higienis.

Sementara angka daur ulang sampah plastik di Indonesia masih rendah, hanya 9-10%. Artinya, 90 persen sampah plastik di Indonesia belum terdaur ulang.

Hal ini seharusnya membuat kita semakin sadar bahwa permasalahan sampah plastik seharusnya mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah, produsen dan masyarakat.

Sebab, selain meningkatnya angka sampah plastik selama pandemi Covid19, TPST Bantar Gebang di Provinsi DKI Jakarta dan TPA Suwung di Provinsi Bali tahun ini pun dikabarkan akan mencapai kapasitas maksimum.

Karena itulah, dukung dan sebar terus petisi #TolakGalonSekaliPakai ya teman-teman. Sampai Le Minerale menarik dan hentikan produk galon sekali pakainya.

Kalau perusahaan besar seperti Le Minerale mulai menarik produknya, ini bisa jadi contoh untuk produsen2 lain yang juga punya produk galon sekali pakai.

Salam,

Elhan dan Helfia

Elhan dan Helfia
3 months ago