Petisi ditutup

STOP Operasi Pengoplosan LPG 3Kg di Meruya

Petisi ini mencapai 107 pendukung


Saya mewakili warga Meruya Selatan, dengan ini melaporkan ada tempat mencurigakan di daerah kami yang diduga dijadikan tempat pengoplosan Gas 3Kg ILEGAL. Ini sudah beroperasi hampir 2 tahun, dahulu diawal saya sudah laporkan via Qlue tetapi sepertinya kurang mendapatkan tindaklanjut yang memuaskan.  Hingga akhirnya keseluruhan operasi di gudang pengoplos ini di stop oleh pihak berwenang sebulan lalu di awal September 2017.

Minggu ini 4 Oct 2017, mereka beroperasi kembali dengan armada truk pengangkut gas yang lebih banyak (sekitar lebih dari 8 truk untuk mengangkut gas 3kg dan ukuran besar yg warna merah). Mereka seperti preman di area kami. Menurut kabar jumlah armadanya semakin banyak karena gudang pengoplos gas 3 Kg di ciledug terbakar. Berikut sumber di berita yang saya temukan terkait kebakaran di ciledug:

http://poskotanews.com/2017/10/03/gudang-tabung-gas-yang-terbakar-sebelumnya-membuat-warga-resah/

Berikut beberapa yang kami rasa merugikan kami:
1. Pengoplosan gas 3kg ke ukuran besar
2. Jalan jadi cepat rusak karena truknya besar2 dan sering keluar masuk
3. Menjadi sarang preman

Lokasi tempat distribusi dan oplosan gas ilegal adalah di:
Jl. H. Lebar (Jalan samping Universitas Mercubuana) Rt:7/2 Meruya Selatan
Jakarta Barat 11650.
Dari jalan haji lebar, terus melewati kolong tol dan posisinya tepat disamping jalan Tol. Mereka punya gubuk disebelahnya untuk menyiasati kalau ada penggerebekan.  Didepannya juga mereka menyewa lahan untuk parkir mobil pengangkut gasnya. Terlampir saya kirimkan fotonya dari jauh dengan 2 truk merah pengangkut gas yg sedang standby. Saya tidak berani dari dekat karena disekeliling tempat tersebut banyak preman yang siap menjaga.

Lokasi di Google Map: https://goo.gl/Aic9ck

Mohon bantuannya untuk mengangkat petisi ini agar didengar karena saya sudah melaporkan via beberapa channel dengan tindak lanjut yang kurang memuaskan:

1. Via Aplikasi Qlue : tidak ditindaklanjutidengan serius

2. Email ke Pertamina : hanya dijawab "silakan pelapor berkoordinasi langsung dengan kepolisian/aparat setempat, dikarenakan oplosan yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab sudah merupakan bersifat kriminalisasi". Tetapi karena saya hanya warga biasa, melapor ke kepolisian beresiko menjadi backfire ke saya.

3. Lapor ke lapor.go.id : sedang proses disposisi dari Kementerian ESDM ke DirJen Minyak dan Gas Bumi https://www.lapor.go.id/pengaduan/1874573/harga-elpiji/dugaan-pengoplosan-lpg-3-kg.html . Leporan ini bersifat rahasia jadi hanya dapat dibaca oleh pihak berkepentingan.


Semoga dengan ini subsidi gas 3kg menjadi lebih tepat sasaran tidak dimanfaatkan oleh oknum seperti ini. Dan semoga petisi ini segera ditindaklanjuti agar kasus kebakaran gudang pengoplosan gas 3Kg di Ciledug tidak terjadi di daerah lain dimana warga sekitar yang menjadi korban.

 



Hari ini: Buka mengandalkanmu

Buka Mata membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "PT Pertamina (Persero): STOP Operasi Pengoplosan LPG 3Kg di Meruya". Bergabunglah dengan Buka dan 106 pendukung lainnya hari ini.