Kemenangan

Kembalikan Mapel UAMBN seperti Semula, Jangan Hapus Akidah Akhlak & Bahasa Arab

Petisi ini membuat perubahan dengan 1.855 pendukung!


SURAT TERBUKA UNTUK KEMENAG RI cq. Dirjen Pendidikan Islam

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته،
بسم الله الرحمن الرحيم,
إن الحمد لله نحمده ونستعينه ، ونعوذ بالله من شرور أنفسنا ومن سيئات أعمالنا من يهده الله فلا مضل ومن يضلل فلا هادي له ، وأشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له وأشهد أن محمدا عبده ورسوله صلى الله عليه وعلى آله وأصحابه وسلم تسليما كثيرا،
اللهم صل على سيدنا محمد وعلى آل سيدنا محمد كما صليت على سيدنا إبراهيم وعلى آل سيدنا إبراهيم في العالمين إنك حميد مجيد، اللهم بارك على سيدنا محمد وعلى آل سيدنا محمد كما باركت على سيدنا إبراهيم وعلى آل سيدنا إبراهيم في العالمين إنك حميد مجيد.
اما بعد،

Bapak Menteri Agama RI Bapak KH. Lukman Hakim Saifuddin cq. Dirjen Pendis Bapak Prof. Kamaruddin Amin yang mulia, kami baru saja pukul 04.30 WIB tadi pagi mendapatkan informasi tentang Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) Tahun Pelajaran 2018-2019, khususnya tentang SK No. 6312 Tahun 2018 yang Panjenengan keluarkan.

Setelah membuka, membaca, dan menelaah isinya, terutama halaman 10 yang memuat tentang Mata Pelajaran yang diujikan pada UAMBN TP. 2018-2019 ini, kami cukup kaget dan terhenyak ketika melihat Mapel apa saja yang nanti akan diujikan.

Kekagetan kami karena mendapati kenyataan dalam SK tersebut bahwa Mapel yang diujikan tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang semua Mapel diujikan, tahun ini "hanya" ada tiga Mapel yang diujikan yaitu Al-Qur'an Hadits, Fikih, dan SKI, minus Aqidah Akhlak dan Bahasa Arab.

Izinkan kami mengetahui supaya bisa memahami, sehingga bisa menjelaskan kepada guru2 kami, anak2 kami, dan orangtua mereka, kenapa Mapel-mapel yang diujikan tahun ini malah dikurangi, apalagi Aqidah Akhlak dan Bahasa Arab, yang notabene merupakan ciri khas dan/atau kebanggaan kita seluruh warga madrasah,,?? Padahal kami mengharap ada peningkatan kualitas soal, khususnya Bahasa Arab ditambah dengan soal-soal Istima' / Mendengarkan / Listening, sehingga semakin melengkapi keterampilan berbahasa yang "harus" dikuasai oleh anak-anak didik kita.

Kami sangat mengharapkan pencerahan sesegera dan sekomperehensif mungkin mengenai kebijakan Panjenengan, supaya kami dapat memahami dengan baik tentang kebijakan Panjenengan tersebut, sekaligus supaya kami sebagai ujung tombak pendidikan di madrasah dapat memberikan penjelasan sebaik mungkin kepada para guru, siswa, orangtua, dan masyarakat.

Yang jelas, kami berhusnudzon kepada Panjenengan dan seluruh pihak yang terlibat dalam keluarnya SK tersebut, Panjenengan dan seluruh stake holder sudah mencurahkan segenap daya dan upaya, serta melalui proses dan pertimbangan yang semaksimal mungkin sebelum mengeluarkan SK tersebut. Sebagai lembaga kami siap mematuhi, menaati, dan melaksanakan kebijakan-kebijakan dari Panjenengan dan Kemenag.

هدانا الله وإياكم لما يحبه ويرضاه،
والله الموفق الى اقوام الطريق،
والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته.

Salam ta'dzim dan sembah sungkem dari kami,

Ashif Mahfudin,
Pelayan Santri di Ponpes dan MA Ma'arif Al-Mutaqin Temboro Kidul, Karas Magetan Jawa Timur



Hari ini: Asif mengandalkanmu

Asif Mahfudin membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Prof. Kamaruddin Amin: Kembalikan Mapel UAMBN seperti Semula, Jangan Hapus Akidah Akhlak & Bahasa Arab". Bergabunglah dengan Asif dan 1.854 pendukung lainnya hari ini.