JANGAN REBUT JURUSAN KAMI

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


  • Kenapa sekolah jurusan IPA jika pada akhirnya masuk kuliah jurusan IPS? Pemikiran itu menjadi salah satu protes dari anak - anak IPS karena "LAHAN" mereka diambil oleh anak - anak IPA. 
  • Percuma jika di SMA/MA terdapat jurusan IPS jika semuanya menganggap bahwa IPA yang paling sempurna.
  • Dengan adanya pembagian masing - masing jurusan pada anak IPA dan IPS maka lulusan yang dihasilkan lebih terarah, lebih terjurus dan tentu akan lebih berkualitas. Itu akan menjadi dasar SDM yang bagus bagi Indonesia.untuk kedepannya.
  • Dengan tidak banyaknya prodi  IPS, mengapa anak IPA masih saja memilih jurusan IPS? Padahal jurusan mereka lebih banyak pilihannya.

Suka kesel nggak, sih, kalau ada anak IPA yang ngambil jurusan kuliah bidang IPS (dan Bahasa) di Perguruan Tinggi Negeri (PTN)? Soalnya rata-rata PTN memudahkan anak IPA mengambil jurusan IPS, tetapi nggak sebaliknya. Sebagai anak IPS, saya merasa lintas jurusan begini jadi mengurangi jatah dan peluang saya masuk PTN. Nah, jadi apakah lintas jurusan ini fair?

Berdasarkan website SNMPTN, di Universitas Indonesia ada 32 jurusan IPS dan 27 jurusan IPA yang bisa dipilih untuk SNMPTN. Anak IPA bisa lintas ke SEMUA jurusan IPS di UI, tetapi anak IPS NGGAK BISA lintas semua jurusan.

Sedangkan untuk SNMPTN di Universitas Gadjah Mada, ada 23 jurusan IPS dan 43 jurusan IPA tersedia. Anak IPA bisa lintas jurusan ke SEMUA jurusan IPS, sedangkan anak IPS hanya bisa lintas jurusan ke SATU jurusan IPA, yaitu jurusan Pembangunan Wilayah. Yaaah, cuma sebiji.

Jadi apakah lintas jurusan itu fair, mengingat rata-rata universitas memudahkan anak IPA mengambil jurusan IPS, tetapi nggak sebaliknya?

Semangat anak IPS!

#JANGANREBUTJURUSANKAMI #KAMIJUGAINGINKULIAH #KAMIPUNYAHAK

 

#CoretanStereotype

Gue pernah denger stereotip anak-anak IPA itu anak-anak pinter-pinter, atau anak-anak IPS itu nakal-nakal. That's totally bullshit. Banyak kok anak IPS yang cerdas, banyak juga kok anak IPA yang nakal. Semua tergantung kalian. Cobalah jangan pernah kemakan opini yang berkembang. Jangan pernah gara-gara opini tersebut mendrive kalian ke pilihan jurusan yang bukan minat bakat kalian. Stereotip yang paling banyak berkembang.

Anak IPS anaknya nakal-nakal, gue takut ketularan nakal. Well, emang sih banyak bukti yang bicara seperti itu. Dan, gue enggak bisa memungkiri itu. Tapi, biasanya sih gini, anak-anak IPS itu terkenal ama kekompakannya yang amazing. Mereka tipe temen-temen yang mudah akrab dan mudah bergaul. Sepanjang kalian bisa berhubungan baik dengan mereka, dan kalian juga bisa menjaga diri, gue yakin mereka akan baik kok ke kalian.

Yakin deh. Apalagi kalo kalian berprestasi, pasti mereka akan menghargai kalian dengan baik. Tapi tetap jangan pernah sombong, jaga terus silaturahmi dengan baik dan kalo mereka minta diajarin di salah satu pelajaran, ajarin mereka dengan sepenuh hati. Anak IPS itu seru banget loh, mereka adalah hiburan di tengah rumitnya pelajaran-pelajaran, serta bisa ngurangin stress di kelas.

referensi: http://www.youthmanual.com/post/sudut-pandang/pro-kontra-lintas-jurusan-anak-ipa-ngambil-jurusan-kuliah-ips-adil-nggak-sih

 



Hari ini: Afi mengandalkanmu

Afi Afi membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Prof. Dr. Muhadjir Effendy: JANGAN REBUT JURUSAN KAMI". Bergabunglah dengan Afi dan 89 pendukung lainnya hari ini.