HAPUSKAN PERPELONCOAN DALAM OSPEK DI UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA (UNTIRTA)

0 telah menandatangani. Mari kita ke 1.000.


Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) adalah perguruan tinggi negeri yang terletak di Banten. Setiap Universitas selalu mengadakan Kegiatan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (OSPEK) termasuk juga Untirta. Hal yang patut diperhatikan yaitu OSPEK seharusnya memberikan pengenalan kepada mahasiswa dengan cara yang mendidik dan tidak melibatkan perpeloncoan. Perpeloncoan disini adalah kekerasan verbal. Kondisi kota Serang yang memiliki cuaca panas, para mahasiswa baru akan dijemur dari pukul 06.30-12.00 WIB akan tetapi sering kali waktunya mundur sampai pukul 13.00 ketika kami dikumpulkan di lapangan kami dilarang oleh panitia menggunakan topi atau menggunakan buku untuk menutupi sinar matahari atau hanya sekedar untuk dikipas. Selain itu kami juga dilarang menggunakan masker wajah tetapi panitia dapat melakukan hal yang dilarang dilakukan oleh mahasiswa baru. Dalam serangkaian acara mahasiswa baru bila melakukan kesalahan akan dibentak dan dipermalukan. Salah satu contohnya teman saya salah satu mahasiswa baru ketika dia mengatakan salah kata yaitu "HP  dicatat", panitia menegornya dengan cara kasar dan menyuruhnya untuk maju kedepan dan menghadap keseluruh mahasiswa baru untuk meminta maaf bahwa HP itu diketik bukan dicatat hal ini terjadi pada saat TM 2 KPK. Yang saya pertekankan adalah panitia tidak seharusnya mempermalukan dan menegornya dengan cara kasar. Hal lain adalah panitia Gerakan Disiplin Kampus (GDK) dan Pasukan Disiplin Fakultas (PDF) membuat peraturan yang tidak sesuai. Mereka menyatakan di dua pointnya adalah:

  1. GDK/PDF tidak pernah salah.
  2. Bila GDK/PDF salah kembali ke point sebelumnya.

Seharusnya mahasiswa baru mendapatkan pendidikan yang menarik,menyenangkan serta mendidik mengenai kampusnya. Bila hal ini terus berlanjut akan muncul senioritas. Hal-hal yang tidak diinginkan akan muncul bukan hanya di tahun ini tetapi di tahun selanjutnya. Untuk mendisiplinkan seseorang tidak perlu memberikan kekerasan verbal tetapi banyak cara yang lebih baik untuk memwujudkannya. Saya ingin Untirta menjadi lebih baik dengan membuat OSPEK yang lebih menarik,menyenangkan, dan mendidik. Kami mahasiswa baru sangat berterima kasih atas keringat yang panitia telah curahkan. Namun, mohon maaf saya mengkritisi tentang bagaimana cara mendidik dalam OSPEK. Kita bukanlah di masa Orde Baru, semua orang memiliki hak untuk diperlakulan lebih baik. Sebagai implementasi dari agent of change, mahasiswa dapat mengupayakan perubahan untuk hal yang lebih baik. Dasar dari argumen yang saya berikan adalah :

https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2016/11/SK-Dirjen-tentang-Panduan-Umum-Pengenalan-Kehidupan-Kampus-Bagi-Mahasiswa-Baru-SALINAN-UP-LOAD.pdf&ved=2ahUKEwjdn--m1_3jAhUhl48KHS5dATYQFjABegQIBRAB&usg=AOvVaw3LEwgcV3HzNAg_kdKw4kxk