REVOLUSI PTPN XIII

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


SURAT TERBUKA UNTUK PRESIDEN RI
BAPAK IR. H. JOKO WIDODO

Yth. Bapak Ir. H. Joko Widodo
Presiden Republik Indonesia

Perkenankan saya, Doktor Erdi, asli putra kalimantan ijin menyampaikan keluhan petani di bawah naungan kerja PTPN XIII.

Ini adalah tahun keenam dimana kerja PTPN XIII dengan wilayah kerja Pulau Kalimantan .... sangat buruk karena sukses menyumbang kerugian besar dan semakin tak terkendali di masa Pemerintahan dibawah Presiden Bapak Joko Widodo.

Saya prediksi tahun 2017 adalah tahun kerugian terbesar akan dialami oleh perusahaan plat merah ini; dengan prediksi kerugian lebih dari Rp 300 M.

Sampai dengan bulan Agustus 2017, dari analisis atas laporan-laporan manajemen PTPN XIII, terbaca bahwa diatribusi untung rugi dari bisnis PTPN XII menurut distrik adalah sebagai berikut:
1. DISTRIK KAKSELTENG, laba Rp 12 M.
2. DKB-1 menyumbang rugi Rp 7,8 M.
3. DKST KALTIM menyumbang rugi Rp 38 M;
4. DKB-2 menyumbang rugi Rp 75 M.

Rakyat mempertanyakan ... Mengapa bisnis yang dikelola oleh negara terus merugi dan pemerintah cenderung mempertahankan orang-orang dengan kinerja buruk itu? Kenapa bisnis yang sama yang dikelola oleh swasta bisa untung hingga triliunan rupiah seperti dialami PT Djarum? Kapan PTPN XIII akan membaik dan memberi kesejahteraan kepada petani? Bisakan BUMN cq PTPN XIII dikelola lebih transparan tanpa rekayasa dan tanpa korupsi?

Di atas adalah pertanyaaan dari rakyat yang dilontarkan kepada saya. Meskipun saya bisa jawab tetapi itu bukan kewenangan saya untuk menjawab. Petani pun akhirnya menyimpulkan bahwa BUMN cq PTPN XIII telah menjadi sarang koruptor yang tak terjamah oleh aparat hukum dan tidak juga oleh Bapak Presiden, apakan lagi oleh Ibu Meneg BUMN. Rakyat kemudian menambahkan bahwa kondisi semacam ini sengaja dipertahankan untuk memberi kesempatan bagi pengumpulan dana politik 2019. Sungguh saya tidak percaya semua itu dan berharap Bapak Presiden cepat membasminya!

Ketika Bapak Presiden turun ke Sanggau untuk panen padi nanti, mohon sempatkan mendalami informasi ini. Rakyat, para petani kelapa sawit di lingkup PTPN XIII pada umumnya dan petani kelapa sawit di Kabupaten Sanggau, Landak, Sekadau dan Sintang pada khsusnya tidak percaya kalau Bapak Presiden sengaja membiarkan sengkarut dan korupsi ini berlanjut dalam rangka pendanaan politik 2019.

Sebagai ASN dosen di PTN, saya tidak makan dari sawit dan surat terbuka ini hanya wujud keprihatinan dan integritas sebagai dosen nasional untuk Mk Pendidikan Anti Korupsi.

Rakyat berharap kepada Bapak Presiden untuk tidak meneruskan menyumbangkan kerugian pada negara yang sekaligus menyengsarakan karyawan kecil dan petani dengan mempertahankan kerja buruk Dirut beserta jajaran dan Komut PTPN XIII yang telah membentuk kroni.

Yth. Bapak Presiden,
Melalui surat terbuka ini, mohon tidak menunggu rakyat mengamok baru melakukan perubahan dan pergantian direksi dan komisaris. Mohon perkenan Bapak Presiden melakukan revolusi total di tubuh PTPN XIII sebelum semuanya terlanjur terjadi.

Dengan kuasa Bapak Presiden, mohon selamatkan PTPN XIII dari para pejabat bejat agar nasib karyawan kecil, buruh rendahan dan petani terselamatkan semua. Kami janji akan memilih Bapak Joko Widodo untuk menjadi presiden pada periode kedua dengan tidak perlu membayar mahar atas pilihan kami.

Pontianak, 17 September 2017
Wassalam

Dr. Erdi, M.Si.



Hari ini: erdi mengandalkanmu

erdi abidin membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Presiden RI Bapak Ir. H. Joko Widodo: REVOLUSI PTPN XIII". Bergabunglah dengan erdi dan 28 pendukung lainnya hari ini.