SEDIAKAN AIR BERSIH DAN SEHAT UNTUK KAMI DI KABUPATEN MALINAU

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


"sumber air sudah dekat' adalah iklan salah produk air mineral yang sangat terkenal dan menginspirasi banyak masyarakat Indonesia sampai saat ini. Begitu pentingnya air bagi kehidupan. Manusia, binatang dan tumbuh-tumbuhan sangat tergantung pada ketersediaan air khususnya air yang bersih.

Sungai Malinau adalah salah satu sungai di DAS Sesayap yang airnya mengalir sampai jauh, akhirnya kelaut  dan penopang sumber air bersih untuk banyak desa di sepajang alirannya, sebut saja Desa Loreh, Desa Langap, Desa Setarap, Desa Setulang, Desa Sentaban, Long Bila, Desa Kenipe, Desa Lidung Kemenci, Desa Pulau Sapi, Desa Taras, Desa Tanjung Lapang, Desa Kuala Lapang dan akhirnya kelaut

Beberapa tahun belakangan ini khususnya 2 tahun terakhir, Sungai Malinau dan Sungai Sesayap mulai TERCEMARI oleh aktivitas pertambangan batu bara yang berada di hulu Sungai Malinau. Jebolnya tanggul merupakan justifikasi klasik yang selalu disampaikan pihak perusahaan batu bara kepada masyarakat dan intensitas semakin sering terjadi akhir-akhir ini. 

Pencemaran ini merusak sumber air minum masyarakat sepanjang kedua Sungai Malinau dan Sungai Sesayap. PDAM Kabupaten Malinau menyatakan bahwa tingkat kekeruhan air baku pada kedua sungai meningkat tajam. PDAM Kabupaten Malinau menyatakan bahwa tingkat kekeruhan air baku pada kedua sungai meningkat tajam. Tingkat kekeruhan air baku meningkat hampir 80 kali lipat, dari 25 NTU (Nephelometric Turbidity Unit) menjadi 1.993 NTU. (Anonim, “Perusahaan Dinilai Tak Punya Iktikad Baik”, Portal Kalimantan, 9 Juli 2017, diakses dari http://bulungan.prokal.co/read/news/8397-perusahaan-dinilai-tak-punya-iktikad-baik.html

Tidak kurang 30.000 jiwa tergantung pada air dari sungai Malinau dan Sungai Sesayap. Baik untuk keperluan sumber air bersih konsumsi, untuk pertanian dan perkebunan, untuk perikanan dan lain-lain. Mereka punya HAK untuk mendapatkan air yang bersih dan sehat.

AYO HENTIKAN PENCEMARAN AIR SUNGAI MALINAU DAN SUNGAI SESAYAP UNTUK KEHIDUPAN MASYARAKAT KABUPATEN MALINAU YANG SEHAT.

 



Hari ini: ezra mengandalkanmu

ezra stevanus membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Presiden Republik Indonesia: HENTIKAN PENCEMARAN AIR SUNGAI MALINAU DAN SUNGAI SESAYAP DI KABUPATEN MALINAU KALTARA". Bergabunglah dengan ezra dan 54 pendukung lainnya hari ini.